Beranda blog

Sejarah Solo (1): Bermula Dari Intrik Antar-Raja

Solo adalah sebuah kota yang unik. Secara geografis, nama Solo menunjuk pada nama sebuah kota madya di Jawa Tengah seluas 44 km2. Namun Solo juga diklaim sebagai sebuah teritori budaya oleh masyarakat kabupaten di sekelilingnya seperti Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten, Wonogiri, dan Sragen. Budaya Solo, yang disebut surakartan, bahkan melingkupi wilayah bekas kerajaan Mataram Islam.

Ini keluarga janda bolong si tanaman viral

Bicara soal tanaman viral, mau tidak mau, orang akan menyebut si janda bolong sebagai salah satunya. Ya, tanaman yang berasal dari keluarga Monstera ini memang sedang naik daun. Keunikan tanaman yang bernama latin Monstera andosonii ini adalah daunnya yang berlubang-lubang alami.

Juara simpul pancing; eye crosser knot

Dari beberapa jenis ikatan yang menhubungkan antara leader dan hook, ikatan eye crosser cukup diunggulkan. Ikatan ini dipopulerkan oleh  North American Fishing – sebuah media televisi, yang dalam salah satu programnya, melakukan uji kekuatan antara satu ikatan dan ikatan lainnya. Dalam beberapa kesempatan, eye crosser knot memenangkan “pertarungan”, setelah bersaing dengan ikatan palamor, uni knot, ataupun trilen knot.

Mancing tawes dengan umpan dedaunan. Dijamin Juoooosss…!

Ikan Tawes adalah sejenis iwak pelagis yang sangat suka memburu benda-benda bergerak di permukaan air. Oleh sebab itu, untuk memancingnya tidak disarankan menggunakan teknik dasaran.

Strike gabus monster dengan umpan anak bebek

Agresivitas gabus memang tak diragukan sedikitpun. Karakternya yang buas, membuat nalurinya bergerak memangsa segala sesuatu yang mengganggu wilayahnya. Tak peduli makhluk kecil, hewan ukuran besarpun – asalkan lebih kecil dari ukuran tubuhnya, berani ia terkam.

Video tutorial: Perawatan harian reel dan joran pancing

Ada banyak kejadian, dimana ketika melakukan trip mancing, tackle yang kita bawa bermasalah hingga membuat repot atau bahkan macet sama sekali. Dalam kesempatan kali ini kami bersama Suwandi – manager sekaligus mekanik andalan toko Super Pancing – Bandung,  menyajikan video tutorial perawatan harian reel dan joran pancing.

Dalam merawat reel, ada 3 tahap yang harus dilakukan. Yang pertama adalah membersihkan line roller, sekaligus memberikan cairan pelumas pada instrument tempat jalannya senar tersebut. Setelah itu, langkah kedua adalah membuka bagian handle dan membersihkan gear – baik yang di sebelah kanan maupun yang kiri, dan  tambahkan pelumas untuk kelancaran pergerakan gear.

Langkah terakhir – khususnya untuk beberapa merk tertentu seperti Shimano, terdapat lubang kecil yang tertutup skrup, yang fungsinya sebagai tempat untuk memberi pelumas. Tambahkan cairan pelicin pada bagian ini, agar reel terawat dan senantiasa lancar ketika retrieve.

Sementara dalam perawatan joran yang harus diperhatikan adalah bagian cincinnya. Pada bagian ring ini kerap terdapat kotoran yang mengganggu jalannya senar ketika cast maupun retrieve. Menurut Suwandi, Jika joran digunakan pada area fresh water, cukup bersihkan setiap bagian detil cincin tersebut dengan menggunakan sikat gigi. Namun jika dipakai pada area salt water, maka shampoo rambut beserta conditionernya di perlukan untuk membersihkan cincin ini. Setelah dibersihkan dengan cara disikat memakai sabun rambut tersebut, bilas dan  keringkan.

Untuk lebih detil simak video berikut:

Keseruan di spot mancing Wawaran

Keseruan terjadi pada tanggal 26 Juli lalu-di perairan Wawaran, Kabupaten Pacitan-Jawa timur. Berangkat dari dermaga TPI Sidoharjo, tim redaksi Spot mancing com-yang diwakili oleh Om Duto Sri Cahyono dan Om Heri Skatrue  dengan 2 tim lain asal Semarang, tak henti-hentinya mendaratkan ikan, di perairan yang jaraknya 30 menit kearah timur itu.

Berbekal beberapa joran dengan size minimal PE 2-4 dan reel minimal 4000 ke atas, mereka cukup bersemangat untuk cast dan retrieve. Sementara lure yang dipersiapkan adalah tipe spoon dengan pilihan berat antara 50-70 gr. Tak sia-sia dengan persiapan tersebut, box ikanpun penuh dengan GT, tongkol, dan kerapu. Dan, setelah 7 jam memancing tim kembali ke dermaga dengan happy.

Perairan wawaran dikelilingi bukit-bukit yang indah. Burung camar sebagai penanda keberadaan ikan, tak henti-hentinya bergerombol rendah di sekitarnya. Sering juga tampak ikan-ikan besar melakukan boling, mengundang angler untuk lebih aktif melemparkan kail. “Bagus spotnya ini!”. Ujar Om duto.

Om Duto Sri Cahyono
Om Duto Sri Cahyono
Om Heri Wibowo
Om Heri Skaterue
Spot Mancing Wawaran
Tiba di dermaga TPI Sidoharjo

Dermaga Sidoharjo yang berdekatan dengan pantai Teleng Ria tak jauh dari pusat kota. Dengan waktu tempuh 20 menit, kita sudah tiba di gerbang TPI. Sementara untuk menuju spot wawaran, kita bisa menyewa perahu katir seukuran 4 orang dengan biaya sewa sebesar Rp. 600 ribu untuk sehari perjalanan. Para tekong di sana sudah hafal benar dengan medan yang ada. Salah seorang pengemudi perahu yang bisa dihubungi adalah Pak Tukul dengan nomer telefon: 087758425460

Laut pacitan berlokasi di wilayah Selatan-yang kita tahu punya ombak dan gelombang yang tinggi. Om Heri Wibowo memberikan catatan tips buat angler yang ingin berangkat kesana, supaya mempersiapkan fisik dan perbekalan yang cukup. Selain itu, sebelum berangkat diupayakan  juga memantau informasi tinggi gelombang dan kecepatan angin yang dirilis BMKG, tentunya agar nyaman dan aman.

Ingin menyaksikan keseruannya? Saksikan video berikut!

Batu Mandi, Spot Femes Laut Selatan Lombok

Spot yang telah dibuktikan angler om Daink Teras Pancing dan menjadi trip memancing terfavoritnya selama hampir seperempat abad memiliki hobi ini. Bagaimana tidak? Di spot ini, ayah yang telah dianugerahi tiga orang anak ini dapat landed 10 ekor ikan jumbo dalam waktu fight kurang dari 5 jam.

Supermarket Ikan Spot Belanting Buka 24 Jam!

Tak bisa dipungkiri, banyak spot mancing yang cukup tergantung dengan kondisi cuaca, pengaruh musim juga efek bulan mati atau purnama. Bagaimana jika spot tersebut tak terpengaruh semua kondisi tersebut? Jadilah ia supermarket ikan dengan potensial strike tinggi yang buka 24 jam! Yak, spot Belanting buka 24 jam sehari, sepanjang tahun!

Sekaroh Lombok, Spot Ekstrim Rock-Casting

Kali ini kami akan mengulas spot mancing yang memacu adrenalin lebih tinggi dari spot mancing umum lainnya. Mancing pinggiran dari tebing batu. Om Kasmun (akrab dipanggil om Icun), angler dari kota Selong Lombok Timur berbagi trip serunya di salah satu spot favoritnya di desa Jerowaru Lombok Timur.

Tebing desa pesisir Sekaroh menjulang sekitar kurang lebih 150 meter dari permukaan laut terpinggir.  Target ikan strike kakap merah, kurisi dan GT. (Giant Trevally) menjadi candu berikutnya bagi angler yang baru saja menyambut kelahiran putri ketiganya ini.

Profesi tukang las membuatnya hanya bisa luangkan semalam di akhir pekan untuk kunjungi atau temani rekan angler lainnya yang tertarik bergabung uji nyali ke spot Sekaroh.

2
Om Icun dan GT spot Sekaroh Lombok Timur.

Ekstrimnya Spot Sekaroh

Selain tebing batu tinggi, spot ini juga harus di akses dengan kendaraan ekstra. Om Icun sendiri memodif tunggangan motor Honda Win lawas. Memasang penyapu lumpur di bagian belakang motor, jalur menuju Sekaroh yang berlumpur saat musim hujan tetap mulus diterjang. Sudah ditemani si Win modif selama dua belas tahun terakhir, om Icun tak pernah bosan eksplorasi maksimal spot ini. Dari Selong, berkendara sekitar satu setengah sampai dua jam, melintasi bebukitan berumput serta hutan. Menyadari resiko tinggi saat mencapai spot, tali pengaman 15 meter yang membantu proses menuruni tebing menuju spot juga selalu terbawa.

3
Tebing batu spot Sekaroh Lombok Timur
8
Bebukitan berumput menuju spot Sekaroh Lombok Timur
4
Om Icun dan Win modif beserta piranti mancing yang komplit.
6
Penyapu lumpur, memastikan trip tetap nyaman.

Joran Rock-Casting dan Umpan

“Spot favorit saya sekitar 25 meter dari puncak tebing. Jadi, selain harus membekal minimal 180 cm joran, panjang senar juga minimal 150an meter lebih.” Demikian penjelasan om Icun tentang piranti mancing yang wajib dibawa.

Spot favorit om Icun lainnya berada di tebing kawasan Teluk Awang Lombok Tengah. Dua spot langganan ini sudah memaku om Icun sampai pun tak tertarik kunjungi spot lain.

Fokus gunakan teknik dasaran, umpan segar seperti potongan cumi, irisan ikan dan udang selalu ampuh hasilkan strike ikan target.

1
Hasil strike trip terakhir, tiga pekan lalu.
5
‘Seragam’ mancing om Icun, siap ke spot Sekaroh.

Berani terima tantangan pacu adrenalin? Kontak saja om Icun di HP. 087863475142. Pastikan trip mancing Anda di akhir pekan dan cuss, nyali Anda berpacu dengan tarikan liar strike GT.

Strike wild!

Kapal mancing ke SMR melalui Lempasing Bandar Lampung

Jika Anda ingin memancing di perairan Sea Mount Reef (SMR), ada beberapa pilihan kapal, antara lain adalah Kapal Motor (KM) Berdikari 8 dan KM Berdikari 9. Kedua kapal ini menawarkan trip mancing dengan titik awal trip dari TPI Lempasing Bandar Lampung, dengan maksimal 14 pemancing. Tetapi untuk kenyamanan memancing, jumlah ideal pemancing adalah 12 orang.