Video tutorial: Perawatan harian reel dan joran pancing

Ada banyak kejadian, dimana ketika melakukan trip mancing, tackle yang kita bawa bermasalah hingga membuat repot atau bahkan macet sama sekali. Dalam kesempatan kali ini kami bersama Suwandi – manager sekaligus mekanik andalan toko Super Pancing – Bandung,  menyajikan video tutorial perawatan harian reel dan joran pancing.

Dalam merawat reel, ada 3 tahap yang harus dilakukan. Yang pertama adalah membersihkan line roller, sekaligus memberikan cairan pelumas pada instrument tempat jalannya senar tersebut. Setelah itu, langkah kedua adalah membuka bagian handle dan membersihkan gear – baik yang di sebelah kanan maupun yang kiri, dan  tambahkan pelumas untuk kelancaran pergerakan gear.

Langkah terakhir – khususnya untuk beberapa merk tertentu seperti Shimano, terdapat lubang kecil yang tertutup skrup, yang fungsinya sebagai tempat untuk memberi pelumas. Tambahkan cairan pelicin pada bagian ini, agar reel terawat dan senantiasa lancar ketika retrieve.

Baca juga  6 Langkah tackle balancing; spek sesuai, mancingpun digdaya!

Sementara dalam perawatan joran yang harus diperhatikan adalah bagian cincinnya. Pada bagian ring ini kerap terdapat kotoran yang mengganggu jalannya senar ketika cast maupun retrieve. Menurut Suwandi, Jika joran digunakan pada area fresh water, cukup bersihkan setiap bagian detil cincin tersebut dengan menggunakan sikat gigi. Namun jika dipakai pada area salt water, maka shampoo rambut beserta conditionernya di perlukan untuk membersihkan cincin ini. Setelah dibersihkan dengan cara disikat memakai sabun rambut tersebut, bilas dan  keringkan.

Untuk lebih detil simak video berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here