Umpan kepiting Rangkaian kail tanam

Memancing di sungai dengan umpan kepiting sawah banyak digandrungi akhir akhir ini. Di tempat saya memancing – di DAS Pemali- Brebes, jateng, contohnya, banyak angler memanen ikan dengan umpan yuyu. Lewat teknik rangkaian yang yang pas, umpan ini bisa sangat efektif untuk menciptakan strike.

Ada banyak kelebihan yang bisa kita peroleh dengan ketam. Mulai dari aromanya yang khas hingga membuat ikan-ikan terangsang, cocok di segala kondisi air, serta bisa digunakan memancing pada waktu malam ataupun siang.

Pada artikel ini akan coba saya gambarkan langkah-langkah untuk mempersiapkan kepiting sawah menjadi umpan, sekaligus membuat rangkaian pancingnya yang populer dengan nama kail tanam.

Siapkan rangkaian umpan ketam

1. Siapakan 8 buah mata kail dengan ukuran no 4 jenis pinhook. Saya pribadi lebih suka menggunakan jenis carbon siku no 5 dengan alasan tangkai pancing lebih panjang memudahkan saat proses penanaman pancing pada daging kepiting.

Baca juga  Cara jitu mancing belanak umpan lumut atau lumpur tambak

2. Buat 2 buah jalinan senar pada kail sepanjang 15 Cm, dan  dan 6 buah jalinan senar sepanjang 5cm


3. Satukan mata kail pada cincin dengan tujuan supaya mata kail rata (tidak balapan)

satukanmata kail pada cincin atau bidang datar agar posisinya rata.
satukan mata kail pada cincin atau bidang datar agar posisinya rata.

4.  Simpul 8 buah rangkaian pancing yang sudah dipilin tersebut dengan jarak 3cm ke kail. Setelah itu dilem agar kuat

Simpul kelompok rangkaian pancing dan lem agar kuat
Ikat kelompok rangkaian pancing dan lem agar kuat

4. Simpul yang sudah di lem lalu dililit menggunakan benang jahit dengan bentuk membulat. Ini akan berfungsi untuk penyangga dan mengunci umpan biar tidak terlepas. Setelah itu lem kembali agar kuat menyatu.


5. Rapikan dan potong senar yang pendek. Lalu 2senar yang dipilin satukan dengan cara dipilin kembali. Ujung ditekuk dililit menggunakan benang lem biar kuat ini berfungsi untuk memasang di peniti. rangkaian siap digunakan. *gambar 8*
Cara memasang rangkaian tanam ke umpan kepiting.
Pertama gunting semua kaki kepiting, kupas bagian kulit bawah dengan digunting.*gambar 9*
Gunting bagian tengah cangkang kepiting sampai atas ditengah tengah mata kepiting. Catatan gunting harus benar benar tajam, karena kalau tumpul saat menggunting cangkang bisa pecah. *gambar10*
Masukan rangkaian tanam dari bawah ke celah bekas guntingan. Tarik rangkaian sampai simpul bulat mentok di ujung celah ditengah tengah mata.*gambar11*
Langkah selanjutnya tata kail dengan cara menanamkan ke dalam daging kepiting, 4dikiri dan 4dikanan. *gambar12*
Gambar contoh kail cuma setengah masuk, yang seharusnya kail rata dengan daging. Umpan siap digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here