Tips memancing di sungai dgn arus deras

Mancing di sungai beraliran air deras tentu berbeda caranya dengan mancing di situ atau telaga. Berburu ikan di perairan kencang mempunyai tantangan tersendiri, yakni sulitnya menempatkan umpan pancing di tempat yang diinginkan.

Kencangnya deraian air sungai, dengan segera akan menyapu umpan yang kita pasang. Dengan kondisi seperti ini tentunya diperlukan strategi khusus agar tantangan ini berbuah sukses strike yang besar.

1. Pakai joran yang lentur dan senar yang kuat, karena kekuatan ikan akan menjadi dua kali lipat lebih kuat karena dibantu oleh arus sungai.

2.Untuk kail pun jangan terlalu besar, kecuali jika target memancing kita sudah jelas ikan-ikan predator besar. Gunakan pemberat atau timah, yang bobotnya disesuaikan dengan derasnya aliran air, agar umpan cepat tiba di dasar.

3. Tempat Mancing. Pilihlah tempat yang kering dan padat agar anda tidak terpeleset saat menarik ikan. Jika ada tempat berbatu besar dan tinggi, akan lebih baik kita memancing dari atas batu itu agar pandangan kita menjadi lebih luas dan bisa memilih spot memancing yang lebih banyak.

Baca juga  Adi Wisaksono: Land based game fishing, biaya mini hasil maksi

4. Teknik memancing. Untuk tehnik mancing, ada dua teknik yang bisa kita gunakan, yaitu:

Teknik yang paling sering dipakai adalah dengan melemparkan kail jauh ke sungai ke arah berlawanan dengan arus sungai sejauh mungkin dan membiarkan umpan dan pemberat mencapai dasar sungai dengan sendirinya dan membiarkan umpan bergerak sendiri oleh dorongan arus sungai. Pemberat sangat penting agar umpan tidak melayang kemana-mana terbawa arus sungai.
Umpan hanya diletakkan di pinggir-pinggir sungai berarus deras. Biasanya ada jenis ikan maupun belut yang suka mencari makan di sisi-sisi sungai. Terkadang juga banyak ikan yang tersembunyi dibawah dahan pohon yang dekat dengan permukaan sungai maupun di sela- sela akar pohon yang masuk ke dalam sisi sungai. Cukup letakan joran dengan ujung joran mendekati air dan usahakan umpan melayang-layang di sungai, tidak sampai ke dasar sungai.

Baca juga  Juosss...inilah tips “ngirit mancing ikan barramundi” bermodalkan udang rebon.

Demikian sedikit tips dan trik untuk mancing di sungai yang berarus deras. Kami sarankan untuk tetap memperhatikan keselamatan anda karena memancing disungai yang berarus deras memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi. Selain itu juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk bisa mendapat ika, jadi selain tips dan trik diatas, seyogyanya anda terlebih dahulu memperhatikan situasi dan kondisi tempat dimana anda memancing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here