Mancing lele di sungai

Tips memancing ikan lele di sungai ini bisa menggunakan teknik bervariasi. Jika agan menghendaki mancing dengan cara lele diangkat dengan joran sampai di darat, maka agan sebaiknya menggunakan joran solid (tak berlobang di bagian tengah) yang tahan patah meskipun harganya murah seperti joran pancing produk piranha, Gravity, dan lainnya.

Joran solid ini dipilih untuk mengantisipasi mengangkat ikan lele berukuran besar kisaran 3-5 Kg yang mungkin sekali ditemukan di sungai. Untuk memancing ikan lele dengan teknik ini, sebaiknya digunakan senar pancing Orca Eagle atau senar pancing Orca Phantom atau senar pancing Orca Mononylon atau Orca Power-Up yang harganya murah tapi sangat kuat dan jaguan mengangkat lele sampai darat, yaitu yang berukuran 0,30 mm.

Jika agan yakin ikan lele yang ada hanya kecil-kecil dengan bobot maximal 1 Kg, cukup gunakan senar pancing Orca Eagle atau senar pancing Orca Mononylon atau senar pancing Orca Power-Up berkuran 0,23 mm-0,25 mm. Apabila ketika menggunakan senar pancing kecil ini agan memperoleh ikan lele yang besar yaitu diatas 3 Kg, maka terpaksa agan pelan-pelan meminggirkan ikan lele kemudian ikan lele diambil dengan tangan atau alat.

Baca juga  Wisata mancing Pantai Wedi Ombo Jogja

Tips teknik mancing ikan lele di sungai adalah menggunakan umpan yang mendasar di sungai, sebab ikan lele gemar bersantai di dasar sungai. Agan bisa menggunakan teknik lempar, dimana agan tanpa menggunakan pelampung pancing, cukup menggunakan bell jepit untuk indikator dimakannya umpan oleh ikan lele di sungai. Rangkaian kail sebaiknya menggunakan kail tunggal (engkel) dimana timah pemberat diletakkan pada posisi jauh lebih rendah dari kail, sehingga kail sedikit melayang di dasar sungai agar tidak tersangkut sampah dasar sungai.

Tips memancing ikan lele di sungai jika agan menghendaki cara menaikkan ikan dengan tangan atau alat, maka cukup menggunakan joran antena yang bagus tapi murah seperti joran antena produk Bettle All Star, Joran Antena produk Victory ataupun joran antena produk Oregon Exclussive.

Senar pancing bisa digunakan senar pancing Orca Eagle, atau senar pancing Orca Kingdom, atau senar pancing Orca Mononylon, atau senar pancing Orca Power Up, atau senar pancing Duraflex Maestro (agak mahal), dengan ukuran 0,23 mm. Senar pancing ini sudah mampu strike pada ikan lele 5 Kg di sungai, dengan catatan spool pada reel jangan di set terlau kencang, jadi sedikit agak mengendor.

Baca juga  Rangkaian Fluoro Core Assist Line for Jigging, Tangguh Menaklukan Predator!

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Lele di Sungai

Ikan lele juga merupakan ikan yang bermulut lebar, meskipun tak selebar ikan betutu atau kembo atau bloso. Dengan demikian, untuk memancig ikan lele, seaiknya menggunakan kail berukuran besar. Untuk ikan lele sebesar setengah legan atau sekitar bobot 5 ons, bisa digunakan kail ukuran 9. Untuk ikan lele sebesar engan atau bobot kisaran 1 Kg-1,5 Kg, baik digunakan kail ukuran 10-12, sedangkan untuk ikan lele diatas 1,5 Kg baik digunakan kail ukuran 15.

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Lele di Sungai

Ikan lele adalah ikan penggemar pelet amis dan ikan kanibal, sehingga penggunaan pelet amis seperti pelet RED KING produk STELLA sangat tepat untuk memancing ikan lele di sungai. Umpan lain yang baik digunakan untuk memancing ikan lele ini adalah cacing merah. Cara memancing sebaiknya dilakukan dengan meletakkan umpan di dasar sungai, sebab ikan lele ini gemar mendekam di dasar sungai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here