Gunung Merapi meletus

JOGJA – Gunung Merapi pada Minggu (17/11/2019), pukul 10.46 WIB meletus. Tinggi kolom letusan setinggi kurang lebih 1.000 meter dari puncak.

Kejadian itu dikonfirmasi oleh petugas pos pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman. Dia membenarkan bahwa telah terjadi letusan.

Gunung Merapi meletus“Iya benar (terjadi letusan di Gunung Merapi),” ujar Lasiman saat dihubungi melalui WhatsApp (WA), Minggu (17/11/2019) seperti dikutip Kompas.

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, letusan Gunung Merapi terjadi pada pukul 10.46 WIB.

Letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max 70 milimeter dan durasi 155 detik. Baca juga: Awan Panas Letusan Gunung Merapi Timbulkan Hujan Abu di Daerah Sekitar “Teramati kolom letusan setinggi kurang lebih 1.000 Meter. Angin bertiup ke barat,” ungkapnya.

Baca juga  Gunung Anak Krakatau gempa 6 kali, Gunung Merapi keluarkan lava pijar

Sampai dengan saat ini, BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau waspada.

Rekomendasi BPPTKG Yogyakarta masih tetap sama. Area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here