Bawaslu Sukoharjo buka pendaftaran petugas Panwascam Pilkada 2020

Bawaslu Sukoharjo gencar melakukan berbagai kegiatan sosialisasi di tengah masyarakat seiring dengan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Sukoharjo. Hal ini ditujukan untuk mewujudkan Pilkada yang bersih, jujur, dan adil.

Salah satu hal yang gencar dilakukan Bawaslu Sukoharjo selain sosialisasi mengenai pengawasan adalah pembentukan Desa Anti Politik Uang.

Menurut Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Penindakan Pelanggaran, Rochmad Basuki sebagaimana dikutip Tribunnews, saat ini pihaknya terus memberikan pemahaman bahwa intimidasi terhadap pemilih dan politik uang adalah kejahatan pemilu yang harusdihindari.

Meski sosialisasi gencar dilakukan, pada prakteknya yang terjadi dilapangan, ada warga yang mengaku menjadi korban intimidasi, tapi tidak berani melapor.

Baca juga  Download file hasil seleksi CPNS Kemenag 2018 dan berkas yang harus disiapkan

“Apapun, sebenarnya, kuncinya adalah (masyarakat) berani melapor atau tidak,” kata Rochmad saat konferensi pers menjelang Pilkada di kantor Bawaslu Sukoharjo,Rabu (13/11/2019).

Dia mengatakan, Bawaslu tetap akan memproses setiap laporan masyarakat, asalkan ada masyarakat yang melaporankan.

“Tentunya kami juga kesulitan untuk memproses sebagai kasus pelanggaran pemilu,”imbuhnya.

Jika masyarakat takut, minimal Bawaslu diberikan informasi awal terhadap pelanggaran Pemilu yang terjadi.

Sehingga itu bisa menjadi bahan investigasi Bawaslu untuk menelusurinya.

Intimidasi dan politik uang, menurut Rochmad sangat sering diinformasikan, namun pihaknya perlu dukungan semua kalangan untuk dapat membuktikan membawanya keranah pidana pemilu.

“Politik uang itu diibaratkan seperti “kentut”, ada baunya tapi sulit untuk ditelusuri,karena yang terjadi antara saksi dan penerima tidak berani melapor.”

Baca juga  Kronologi lengkap Facebook cabut akun Abu Janda hingga somasi dan tanggapannya

“Intinya, bagaimana masyarakat itu sadar, berani melapor itu dulu,”pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here