Cara Cepat & Tepat Packing Barang Untuk Trip Mancing Jauh

Angler yang sering pergi mancing keluar daerah bahkan luar pulau pasti pernah mengalami dilema dalam masalah barang bawaan. Set tackle yang banyak, tas kelebihan bobot hingga overload, alat elektronik yang rapuh hingga barang yang sudah disiapkan malah lupa dibawa. Apalagi jika tripnya menggunakan transportasi udara dengan regulasi yang semakin ketat, sungguh merepotkan bukan?

Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara cepat dan tepat mengemas barang untuk trip mancing jauh yang kami terjemahkan dari situs web www.saltwatersportsman.com. Tips ini ditulis oleh salah seorang pemancing dan fotografer profesional bernama Jim Klug. Beliau adalah angler asal Montana, USA yang telah 27 tahun mendedikasikan hidupnya di dunia fly fishing internasional. Berikut tips-tipsnya.

  • Buat Tumpukan, Bagi menjadi Dua

Sepertinya memang sudah menjadi sifat alami manusia untuk selalu mengemasi barang bawaan secara berlebihan. Cara mengantisipasinya, buatlah tumpukan semua pakaian dan peralatan yang akan dibawa sebelum masuk ke dalam tas, kemudian bagi menjadi dua dengan memilah barang yang benar-benar wajib dibawa ketimbang barang tambahan.

Pilah barang bawaan, sumber gambar: www.flyfishin.asia
Pilah barang bawaan, sumber gambar: www.flyfishin.asia

Tinggalkan pakaian yang terlalu berat dan menghabisakan ruang seperti jeans dan bahan tebal lainnya. Apalagi di daerah tropis, Bawalah pakaian yang ringan dan cepat kering.

  • Pilih Dengan Tepat

Gali informasi dan analisa keadaan daerah tujuan lalu pilih jenis tas yang sesuai. Jika perjalanan lebih banyak menggunakan transportasi air maka ransel tahan air atau drybag adalah pilihan tepat.

Sesuaikan jenis tas, sumber gambar: www.canadafishingguide.net
Sesuaikan jenis tas, sumber gambar: www.canadafishingguide.net

Bila bepergian ke daerah terpencil yang membutuhkan jalur udara dan darat sebaiknya hindari menggunakan koper besar, dan pertimbangkan untuk memisahkan barang bagasi menjadi dua. Bagi rata dua tas tadi dengan barang bawaan sama. Maksudnya seperti ini, tas A dan B sama-sama bisa berfungsi sebagai cadangan jikalau seandainya salah satu hilang.

  • Pisahkan Barang Penting
Baca juga  Trik melawan ikan ketika terjadi strike

Kemas barang-barang yang sangat penting seperti dompet, ponsel, dokumen perjalanan, obat-obatan, laptop, kamera dan lainnya di dalam tas kecil sampai sedang yang bisa anda bawa kemana-mana. Bisa sling bag, tas pinggang atau ransel kecil.

Tas untuk barang penting, sumber gambar: www.tomsguide.com
Tas untuk barang penting, sumber gambar: www.tomsguide.com
  • Periksa Alat Pancing

Gak kebayang kan pergi mancing jauh-jauh tapi lupa bawa alat pancing atau malah ketinggalan. Periksa dan cek kondisi tackle anda agar benar-benar siap digunakan. Lindungi joran dengan rod tube, gulungan dengan reel pouch yang kuat serta umpan-umpan dengan lure box. Jika menggunakan jalur udara maka perlu menggali informasi tentang regulasi maskapai yang akan anda gunakan. Hal ini untuk menghindari tertahannya barang bawaan karena tidak lolos pemeriksaan keamanan. Sebagai contoh, banyak maskapai penerbangan yang tidak memperbolehkan membawa joran dengan panjang melebihi sekian meter. Begitu juga dengan mata pancing. Jika memungkinkan kemasi dalam bagasi terdaftar semua alat pancing anda dengan perlindungan yang baik (Jangan lupa dibagi dua). Reel bisa dibalut kain/pakaian yang kita bawa. Yang terpenting pilih maskapai penerbangan yang memperbolehkan membawa alat pancing, simpel bukan?

  • Isi Daya Baterai Alat Elektronik Anda

Apakah anda pergi memancing ke daerah terpencil yang mana daerah tersebut tidak memiliki aliran listrik? Maka persiapkanlah dengan matang. Charge semua alat elektronik, bawa baterai cadangan bila memungkinkan. Lebih baik lagi jika membawa pengisi daya portable seperti power bank dengan kapasitas besar. Jangan gunakan alat elektronik tersebut dalam perjalanan bila tidak begitu diperlukan. Tidak ada yang lebih buruk bagi seorang angler selain baterai ponsel dan kamera mati di saat landed ikan target.

Universal portable charger, sumber gambar: www.mobilefun.com
Universal portable charger, sumber gambar: www.mobilefun.com
  • Bawa Uang Tunai Lebih

Semakin terpencil daerah yang akan dikunjungi maka semakin kecil kemungkinan anda bisa menemukan bank atau ATM.

Baca juga  Cara memancing di laut dengan alat GPS
Simpan uang untuk keperluan darurat, sumber gambar: www.bestfunforall.com
Simpan uang untuk keperluan darurat, sumber gambar: www.bestfunforall.com

Semakin jauh perkampungan dari jalur transportasi utama maka semakin mahal barang yang dijual. Satu-satunya jalan adalah dengan membawa uang lebih. Jangan samakan harga mi instan di kota dengan harga di warung desa pedalaman. Lebihkan uang sebagai cadangan darurat. Jangan pernah membelanjakan uang darurat ini jika tidak benar-benar diperlukan. Ingat, lebih baik memiliknya dan menahan keinginan untuk membelanjakannya daripada tidak ada samasekali. Segala sesuatu bisa saja terjadi.

  • Tandai Barang Bawaan

Pastikan setiap tas ditandai dengan baik agar mudah anda identifikasi. Lebih baik lagi jika ditulis nama serta nomor yang bisa dihubungi. Fotokopikan kartu identitas seperti ktp atau sim dan selipkan di masing-masing tas yang anda bawa. Hal ini bertujuan sebagai bukti kuat identitas kepemilikan barang bawaan dan juga memudahkan menemukannya jika hilang.

Tips Cepat dan Mudah

–¬† Buat daftar pengemasan. Perbarui dan edit daftarnya jika terjadi perubahan

– Fotokopikan dokumenp dan simpan ke dalam tiap tas

-Siapkan jas hujan

– Handle reel adalah bagian yang rawan patah saat pengepakan. Lepas dan pisahkan, bungkus dengan pakaian atau barang lembut lainnya yang bisa menahan tekanan.

– Tulis nama dan nomor di tiap tas
– Timbang barang bawaan di rumah untuk menghindari biaya bagasi tambahan
– Gulung pakaian, manfaatkan sebagai pelindung barang-barang rapuh.
– Ambil foto sebanyak mungkin. Foto-foto hebat adalah suvenir terbaik
– Bawa dan gunakan penolak serangga
INGAT : Jika anda ragu dalam mengemas suatu barang maka dapat dipastikan barang tersebut tidak perlu dibawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here