Tips Memilih Sepatu Mancing yang Baik

Ada beberapa fitur yang harus dimiliki alas kaki untuk memancing agar benar-benar safety bagi angler. Fitur-fitur ini membedakan antara sepatu mancing yang baik dari yang biasa-biasa saja atau yang berkualitas buruk. Berikut beberapa tips buat angler tanah air:

1. Daya tahan

Pilihlah yang memiliki daya tahan tinggi untuk menangani kondisi ekstrim sekalipun. periksa kualitas konstruksi. Sol yang dijahit lebih tahan lama dari yang dilem. Lidah sepatu harus melekat dengan baik pada sisi sepatu untuk memastikan bahwa partikel pasir dan puing-puing lainnya tidak masuk ke dalam.Kualitas jahitan harus terbaik sehingga tidak cepat rusak. Area telapak sepatu adalah titik stres dan harus mampu menahan beban serta benturan. Lakukan riset untuk menentukan reputasi merek produk dan membaca ulasan pelanggan untuk mendapatkan gambaran bagaimana kualitasnya.

2. Daya Cengkeram/Traksi

Traksi adalah fitur keselamatan yang harus dimiliki dalam sepatu memancing. Anda akan berjalan di permukaan geladak yang licin, berpasir, berbatu, dan basah atau mengarungi air berlumpur dan bebatuan yang licin dan ini memerlukan sepasang sepatu dengan daya cengkeram yang memadai untuk mencegah tergelincir dan jatuh.Pastikan sol luar/telapak  memiliki traksi yang stabil dan tidak selip pada jenis permukaan yang akan anda injak saat memancing.Sepatu mancing yang baik menggunakan sol karet, karena daya cengkeramnya kuat di sebagian besar jenis permukaan. Bentuknya tidak dibuat halus melainkan bertekstur dan berpola untuk memaksimalkan cengkeraman.

3. Berat

Semakin ringan sepatu, semakin sedikit tenaga yang dibutuhkan. Anda bisa memancing selama yang diinginkan tanpa terbebani oleh rasa lelah dan ketidaknyamanan. Dalam kondisi basah, alas kaki yang ringan tidak akan terlalu berat dan menyulitkan pergerakan.

4. Kenyamanan

Sepatu memancing yang baik harus membuat kaki anda kering dan nyaman. Pilihlah ukuran yang pas, bisa juga setengah ukuran lebih besar jika berencana mengenakan kaos kaki tebal. Sepatu untuk memancing sebaiknya memiliki bantalan yang lembut dan sesuai bentuk telapak kaki.

5. Tujuan

Ada berbagai jenis sepatu memancing yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Fly fishing memiliki alas kaki khusus berbentuk gabungan dari sepatu bot, celana dan rompi yang tahan air dan nyaman untuk berendam.

Baca juga  Cuaca: Faktor penentu keberhasilan mancing di laut
Fly fishing bootfoot chest wader, sumber gambar: www.amazon.com
Fly fishing bootfoot chest wader, sumber gambar: www.amazon.com

Mancing pasiran/inshore fishing membutuhkan sepatu yang ringan dan memiliki sirkulasi udara yang baik.Penggemar onboat membutuhkan alas kaki yang ringan, mudah dikeringkan serta berdaya cengkeram baik pada permukaan geladak yang basah dan licin serta memiliki sol non-marking/gerigi kecil yang tidak merusak permukaan geladak. Ada juga jenis sepatu mancing multiguna yang bisa untuk on boat, landbase, hiking maupun trekking di medan berat. Ini bisa menjadi pilihan tepat bagi angler yang memancing di segala medan.

6. Desain

Pilih desain yang sesuai dengan cara Anda memancing dan menawarkan kenyamanan, perlindungan, dan kinerja yang dibutuhkan. Tidak ada salahnya juga memilih sepasang sepatu yang stylish dan terlihat bagus saat memancing selama itu nyaman dan safety.

7. Dukungan Pergelangan Kaki

Selain traksi yang baik pada permukaan yang licin, sepatu memancing juga harus menawarkan dukungan pergelangan kaki yang memadai. Ini sangat penting untuk keseimbangan dan stabilitas, karena medan memancing bisa sangat tidak stabil dan bahkan sedikit putaran dapat menyebabkan pergelangan kaki patah. Dukungan pergelangan kaki sangat penting ketika mengarungi air dan berjalan di permukaan yang berlumpur dan licin.

Sepatu mancing dengan dukungan pergelangan kaki. Sumber gambar: fishing.asian-portal.shop
Sepatu mancing dengan dukungan pergelangan kaki. Sumber gambar: fishing.asian-portal.shop

8. Bahan

Bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan sepatu memancing adalah mesh, kanvas, kulit, karet, EVA dan neoprene. Sebagian besar sepatu onboat terbuat dari kulit yang telah diolah sehingga tahan air dan tetap kering. Bahan mesh sangat bagus untuk landbase, cuaca panas dan memancing dengan perahu kecil karena memungkinkan air mengalir dengan mudah, kering dengan cepat dan ringan serta sirkulasi udaranya baik. Kanvas kasar, cepat kering dan melindungi kaki Anda dari sinar matahari dan elemen luar lainnya. EVA adalah bahan paling ringan diantara yang lain,tahan air, mampu menyerap hentakan/getaran, fleksibel dan lembut. Namun bahan EVA tidak cocok digunakan saat kondisi cuaca terik, bahan ini biasanya dibuat ke dalam bentuk sepatu sandal yang memiliki banyak lobang untuk mengurangi panas.

Sepatu mancing berbahan EVA. Sumber gambar: www.sneakyfisho.com
Sepatu mancing berbahan EVA. Sumber gambar: www.sneakyfisho.com

Neoprene tahan air dan terisolasi sehingga menjaga kaki tetap kering dan hangat cocok untuk memancing dalam kondisi air dingin/ musim hujan. Nylon dan polypropylene adalah bahan yang bagus untuk tali sepatu, karena kuat, tahan terhadap air, dan mampu menahan banyak tekanan.

Baca juga  Kepulauan Derawan, surga predator di Kalimantan Timur

9. Sistem Pengeringan Air

Sepatu mancing yang bagus harus bisa membiarkan air mengalir dengan mudah sehingga cepat kering. Untuk itu, pastikan bahwa sepatu yang anda pilih memiliki lubang ventilasi di sol sehingga air yang masuk dapat mengalir keluar dengan mudah.

10. Perawatan

Perawatan sangat penting untuk menjaga sepatu dalam kondisi yang baik, tahan lama serta mencegah timbulnya bau tidak sedap. Lakukan perawatan dasar, anda hanya perlu mengguncang sepatu untuk menghilangkan pasir, puing-puing atau kotoran yang terlepas di dalam kemudian bersihkan dengan air hangat menggunakan sabun cair lembut atau deterjen cair untuk menghilangkan kotoran dan sikat untuk menggosok kotoran yang membandel. Bilas dengan air bersih, lepaskan insole/alas dalam saat pengeringan. Keringanginkan dengan cara digantung. Jangan menggunkan deterjen yang keras serta pengeringan yang terlalu panas karena memperpendek usia sepatu kita. Pengeringan bisa dibantu dengan mesin cuci dan dijemur sebentar di bawah matahari.

11. Harga

Terakhir dan yang tak kalah penting adalah harga. Sesuaikan dengan dana yang tersedia, banyak sekali saat ini sepatu mancing yang tersedia di pasaran dengan harga bervariasi mulai puluhan, ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, jangan mudah tergiur dengan harga murah meriah karena hampir tidak mungkin barang murah dengan fitur lengkap, kualitas dan daya tahan tinggi. Tapi jangan juga demi gengsi malah memaksakan diri untuk membeli sepatu mancing high end. Intinya angler harus smart dalam memilih alas kaki yang sesuai. Hasil penelusuran kami, sepatu mancing dengan kualitas yang sudah cukup mumpuni bahkan bisa dibilang bagus mulai dari rentang harga 200 hingga 6 ratus ribuan.

Salah satu sepatu berkualitas namun terjangkau yang sedang hits. Sumber gambar: www.aliexpress.com
Sepatu berkualitas harga terjangkau yang sedang hits. Sumber gambar: www.aliexpress.com

Namun, untuk yang berfitur lengkap seperti yang sudah dipaparkan di atas anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi antara 700 ribuan hingga jutaan rupiah.

Nah, ternyata memilih sepatu untuk memancing tidak segampang yang dibayangkan bukan? Semoga angler senusantara tercerahkan. Ingat, utamakan selamat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here