Tiket kereta Lebaran diserbu pembeli, untuk keberangkatan H-2 sudah ludes

SOLORAYA.COM – Manajer Senior Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I, Edi Kuswoyo mengimbau agar para calon pemudik Lebaran tahun ini lebih sering cek secara online agar bisa tahu kereta api yang tersedia tempat duduknya. Karena pemesanan tiket kereta untuk keberangkatan 28 Mei (H-8) hingga 3 Juni 2016 (H-2) menjelang Lebaran dari Stasiun Pasar Senen sudah habis terjual untuk semua tujuan yang dipesan melalui sistem dalam jaringan.

Adapun tujuan melalui Stasiun Pasar Senen yang sudah habis dipesan yakni rute Solo, Yogyakarta, Malang dan Semarang.

“Kami imbau masyarakat bisa lebih sering cek secara online agar bisa tahu kereta api yang tersedia tempat duduknya,” kata Manajer Senior Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I, Edi Kuswoyo, seperti yang dikutip dari AntaraNews, Selasa (5/3/2019).

Ilustrasi Kereta Api. (jakartabytrain)

Pengelola Stasiun Pasar Senen menempelkan informasi tiket kereta yang habis di ruang loket penjualan, dan mengimbau pembeli untuk memesan tiket dalam jaringan untuk keberangkatan 4 Juni 2019 yang dibuka pukul 00.00 WIB.

Baca juga  Kumpulan video penampakan lava pijar saat Gunung Anak Krakatau meletus, dari dekat!

Meski pemesanan tiket kereta sudah habis, sejumlah calon pemudik memilih bertahan karena sudah terlanjur mendatangi loket penjualan di Stasiun Pasar Senen.

Seorang calon pemudik, Saring, mengaku memilih bertahan karena mengharapkan ada calon penumpang yang membatalkan perjalanannya, meski hal itu sulit diprediksi.

“Kalau tiket untuk 3 Juni tidak dapat, saya harus usaha pesan lagi di web untuk keberangkatan tanggal 4 Juni,” ujar Saring yang berencana mudik ke Cilacap, Jawa Tengah.

Saring berencana pulang kampung tanggal 31 Mei 2019 atau H-5 Lebaran, namun tidak mendapatkan tiket, meski dirinya sudah mencoba memesan dalam jaringan yang dilakukan tengah malam pada Sabtu (2/3).

Senada dengan Saring, calon pengguna jasa kereta Estin Usnifatul Ula juga berusaha memesan tiket kereta dalam jaringan sejak Minggu (3/3) namun tiket sudah habis.

“Saya sudah mencoba beberapa kali tetapi habis. Kalau tidak dapat juga mungkin saya mudik naik bus,” kata Saring yang akan mudik ke Lamongan.

Baca juga  Pengakuan lengkap model Avriellya Shaqqila terkait dirinya yang terjerat kasus prostitusi online

Calon pemudik lain, Karti, juga harus ‘gigit jari’ karena tiket kereta untuk keberangkatan 3 Juni 2019 ke Blitar sudah habis.

PT KAI Daerah Operasi I menyebutkan Stasiun Pasar Senen dilayani 26 kereta terjadwal reguler untuk angkutan Lebaran dengan kapasitas kursi per hari mencapai 19.382 tempat duduk.

Sedangkan untuk kereta tambahan masih dalam tahap penyusunan untuk mengakomodasi lonjakan pemudik.

Berdasarkan data dari PT KAI, harga tiket yang dijual untuk sejumlah rute dari Stasiun Pasar Senen bervariasi, tergantung kelas yang dipilih.

Tujuan Malang untuk keberangkatan 2 Juni 2019, tarif kereta kelas ekonomi mencapai Rp400 ribu menggunakan Kereta Jayabaya. Sedangkan tujuan Yogyakarta dengan Kereta Fajar Utama kelas eksekutif mencapai Rp600 ribu dan kelas ekonomi Rp345 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here