Jatuh tempo 31 Maret, tak lapor SPT bisa kena denda segini

SOLORAYA.COM – Direktur Eksekutif Center of Indonesia Texation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengatakan, waktu lapor SPT pajak akan jatuh tempo pada 31 Maret 2019 mendatang. Akan dikenakan denda sebesar Rp 100 ribu bagi yang tak melapor atau telat lapor SPT.

Adapun denda tersebut, kata Yustinus Prastowo, tertulis pada aturan Undang-undang (UU) KUP Pasal 7. Sedangkan denda untuk badan usaha mencapai Rp 1 juta.

Denda yang diterapkan berlaku untuk satu kali keterlambatan bayar di periodenya.
“Denda itu di pasal 7 UU KUP. Kalau orang pribadi itu Rp 100 ribu, badan usaha Rp 1 juta. Itu sekali terlambat lapor,” kata dia, Rabu (6/3/2019).

Ilustrasi. (Pixabay)

Sementara itu, hingga saat ini wajib pajak yang baru melapor SPT baru sebanyak 3 juta orang. Angka ini masih jauh di bawah target yang ditetapkan.

Baca juga  Deretan foto Avriellya Shaqqila paling imut dan sopan

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan target pelapor SPT tahun ini sebesar 85% dari total pembayar pajak. Sebelumnya, di tahun lalu Kemenkeu berhasil menghimpun pajak lebih dari 12,5 juta orang atau setara dengan 71-72% wajib pajak.

“Kalau tahun lalu jumlah pembayar pajak ada 71-72%-nya, 85% (target) tahun ini” ucap Sri Mulyani,” Jelas dia di Acara Spectaxcular, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (3/3/2019) lalu sebagaimana dilansir DetikNews.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here