Ini syarat, cara daftar dan link lowongan di 143 BUMN, lengkap!!

SOLORAYA.COM – Sejalan dengan ulang tahun ke-21, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka 11.000 lowongan pekerjaan dalam Program Perekrutan Bersama atau PBB. Anda berminat?


Kabar adanya lowongan itu juga diungkapkan Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo.

“Seluruh BUMN, tapi ada beberapa BUMN yang sebagian besar punya target setahun rekrutmen dijadikan satu dalam dua bulan ini,” katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (4/3/2019).

“Macam-macam, perkebunan, Pertamina, Himbara, pelabuhan. Beberapa sudah mulai,” ujarnya.

Dia mengatakan, lowongan tersebut akan diumumkan di web Kementerian BUMN. Kemudian, pengumuman itu akan terhubung di masing-masing web perusahaan BUMN.
Lebih lanjut Wahyu mengatakan, pelamar nantinya bisa mendaftar melalui online.

“Di halaman kementerian, nanti link web BUMN-BUMN. Online, semua online sekarang,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dalam formasi lowongan 11.000 itu, sebanyak 1.000 di antaranya ditujukan untuk penyandang disabilitas.

“Rekrutmen banyak difabel nanti,” tambahnya seperti dilansir DetikNews.

Sistem PBB

Sistem PPB dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur).

Untuk rekrutasi reguler adalah program rekrutasi bagi putera-puteri terbaik Indonesia lulusan SLTA (SMA & SMK), Diploma (D1 s.d D4), dan Sarjana (S1 s.d S2) untuk membangun karier di lingkungan keluarga besar BUMN sebagai agent of development untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi bersama di BUMN.

Sementara rekrutasi disabilitas adalah rekrutasi dengan resource disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1D4), dan Sarjana (S1), untuk memenuhi posisi di berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia.

Dan untuk rekrutasi KTI adalah rekrutasi dengan resource penduduk asli/keturunan dari Kawasan Timur Indonesia, lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1) untuk berkarier dan mengembangkan diri di seluruh sektor bisnis BUMN Indonesia.
Rekrutasi KTI yaitu daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur untuk ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau ditempatkan di seluruh wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

Lebih dari 9 ribu posisi di berbagai sektor bisnis seluruh BUMN Indonesia: Ketahanan Energi, Logistik & Perdagangan, Pariwisata & Kebudayaan, Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pelayanan Kesehatan, Ekonomi Maritim, Konektivitas, Konstruksi dan Infrastruktur, Pertambangan, Manufaktur, Pertahanan Strategis & Teknologi, Industri Berat dan Perkapalan, Telekomunikasi dan Digital, Jasa Keuangan dan Perbankan serta Ekonomi Kerakyatan.

Baca juga  Dugaan persekusi sejumlah wartawan, ini pernyataan AJI dan bantahan Novel

Mekanisme rekrutasi PPB dilakukan dengan standarisasi proses perekrutan secara bersama dan serentak dimulai dari satu pintu pendaftaran, tes BUMN Values, Tes Kemampuan Dasar, Tes Kemampuan Bidang, dan Pembekalan serta Pembetukan Karakter sebagai Karyawan BUMN. Hal ini merupakan bentuk dari Spirit of BUMN Unity (One Nation, One Vision & On Family).

Untuk persyaratan PPB sendiri berbeda-beda antar BUMN, sesuai dengan persyaratan jabatan yang membutuhkan pekerja baru. Secara umum di atur persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan dan usia maksimum. Setiap kategori (regular, difable, KTI) memiliki passing grade masing-masing, dan setiap BUMN juga memiliki passing grade masing-masing.

Sementara untuk Tahapan Tes PPB dimulai dari:
1. Seleksi administrasi dan TKD (Tes Kemampuan Dasar & BUMN Values) yang harus dilaksanakan oleh semua peserta
2. TKB (Tes Kemampuan Bidang) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

Nantinya, status pekerja disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing BUMN. Ada yang berstatus pegawai tetap maupun pegawai kontrak, baik di BUMN terkait maupun anak perusahaannya.

Namun, jika memilih sebagai pegawai kontrak, Proses Perubahan Status menjadi pegawai tetap mengacu kepada Undang Undang ketenagakerjaan dan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing BUMN. Dan untuk lama masa percobaan (kontrak sebelum diangkat tetap) nantinya adalah kurang lebih 1 tahun.

Untuk jurusan yang diperlukan sesuai dengan BUMN yang dituju. Namun setiap kandidat dapat memilih tiga BUMN di awal proses rekrutmen, sesuai dengan passion dan kecocokan dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan oleh BUMN yang dituju.

Kemudian untuk aket remunerasi yang akan didapatkan mengikuti aturan perusahaan, akan diinformasikan ketika proses offering (tanda tangan kontrak).

Syarat
Untuk informasi lebih lengkapnya, dikutip dari laman rekrutbersama.fhcibumn.com, Senin (4/3), berikut pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya (FAQ) untuk kategori reguler dan disabilitas, serta informasi mengenai cara pendaftaran dan tahapan program perekrutan lowongan kerja tersebut:
1. Selama proses rekrutasi, BUMN tidak menanggung biaya yang timbul, kecuali ada kebijakan yang ditentukan berbeda oleh masing-masing BUMN
2. Calon Pekerja dapat memilih tiga perusahaan yang dituju, namun kebijakan penempatan menjadi kewenangan BUMN (peserta tidak dapat memilih daerah penempatan kerja)
3. Calon Pekerja Disabilitas memenuhi persyaratan yang ditetapkan, yakni: pendidikan terakhir (minimal SLTA) dan usia (Lulusan SLTA maksimal 27 tahun, dan Lulusan D3/S1 maksimal 32 tahun)
4. Mekanisme tes bagi Calon Pekerja Disabilitas dilakukan melalui aplikasi online maupun tes tulis/lisan. Prosesnya tidak dibedakan dengan rekrutasi reguler. Mereka tidak ingin dibedakan. Bagi tuna netra akan diminta menggunakan aplikasi text to speech, untuk membaca menu maupun pertanyaan tes value dan TKD online

Baca juga  Usai makan es krim, bocah 9 tahun ini meninggal dunia

Cara pendafataran
1. Buat Akun pada website Perekrutan Bersama BUMN
2. Pilih Program Rekrut yang ingin diikuti
3. Isi dan Lengkapi Data Pribadi.

Tahapan Program Perekrutan Bersama (PBB) BUMN

– Tahap 1 Pendaftaran & Seleksi Awal
Para Peserta dapat membuat akun pendaftaran, memasukan biodata pribadi, dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung pada laman: https://rekrutbersama.fhcibumn.com

Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan diarahkan ke halaman kartu peserta dan melakukan tes Seleksi Awal.

– Tahap 2 Seleksi Kemampuan Dasar
Sebelum melakukan psikotes, peserta harus memilih 3 posisi/BUMN. Pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Tentukan prioritas dan lakukan pertimbangan yang matang.
Setelah lolos dari proses pendaftaran dan seleksi awal, peserta akan melakukan tes kemampuan dasar/ VNS Test (Verbal, Numerical & Spatial) atau lebih dikenal dengan nama Psikotes Kognitif dan dilakukan secara online.

– Tahap 3 Seleksi BUMN
Setelah melewati Seleksi Kemampuan Dasar, para peserta sebagaimana dilansir Merdeka, akan diseleksi oleh BUMN masing-masing.

Minimal akan ada 3 sub-tahapan Seleksi BUMN:
1. Tes Kemampuan sesuai posisi pilihan
2. Interview Manajemen
3. Tes Kesehatan

Setiap Hasil Test yang dilakukan di setiap tahapan akan diumumkan melalui website: https://rekrutbersama.fhcibumn.com dan juga dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here