Foto guguran awan panas Merapi dari dekat

SOLORAYA.COM – Gunung Merapi yang terletak di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Jawa Tengah kembali meluncurkan awan panas pada Kamis, 7 Maret 2019 pukul 23.30 WIB. Berdurasi 130 detik, awan panas tersebut meluncur dengan jarak luncur 1300 m  arah ke hulu Kali Gendol.

Sebelumnya, Merapi juga mengeluarkan awan panas dengan jarak luncur 1.000 meter. Kabar tersebut disiarkan oleh akun resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Awan panas tersebut meluncur untuk yang kedua kalinya pada Kamis (7/3) sekitar pukul 10.17 WIB dengan durasi 97 detik yang mengarah ke tenggara atau arah Kali Gendol.

“Awan panas masih dalam jarak aman rekomendasi. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa,” tulis BPPTKG, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (7/3).

Baca juga  "Pagi-Pagi Pasti Happy" TransTV distop KPI

Sebelumnya, awan panas guguran pertama meluncur dari Gunung Merapi pada pukul 07.44 WIB sejauh 1.200 meter ke arah Kali Gendol dengan durasi 121 detik.

Berdasarkan hasil pengamatan BPPTKG mulai pukul 06.00 sampai dengan 12.00 WIB juga teramati guguran lava pijar sebanyak lima kali ke tenggara dengan jarak luncur 300 hingga 650 meter.

Berikut ini foto penampakannya dari dekat yang dikutip dari BPPTKG :

Dok. Badan Geologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here