Baku tembak di Nduga Papua, TPNPB klaim tewaskan 5 anggota TNI

SOLORAYA.COM – Kontak senjata kembali terjadi di Nduga, Papua. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengklaim lima personel TNI tewas dalam kontak senjata di Nduga. Kabar itu diungkapkan Jurubicara TPNPB, Sebby Sambom.


Selain itu, lanjut Sebby, TPNPB juga mengklaim berhasil merebut empat senjata dari TNI, yakni tiga senjata jenis modern dan satu jenis minimi.

Menurut Sebby, kontak senjata itu terjadi usai pernsoel TNI membakar lima honai milik warga. Sebelum pembakaran, ia menyebut delapan personel TNI mengintrogasi warga bernama Amos Kogeya dan istrinya.

Ilustrasi. (facebook/TPNPBNews)

“Maka pasukan TPNPB mengepung delapan anggota militer Indonesia tersebut tersebut dan terjadi kontak senjata. Dan terjadi saling kejar kejar-mengejar membuat lima anggota militer Indonesia mengalami kelelahan dan pasukan TPNPB berhasil melumpukan dan merebut empat pujuk senjata,” ujar Sebby dalam keterangan tertulis yang kemudian diunggah CNNIndonesia.

Usai penyerangan itu, Sebby menyampaikan TPNPB melihat dua helikopter yang masuk ke kawasan Nduga untuk mengevakuasi persnoel TNI yang kemudian ditembaki oleh TPNPB.

Baca juga  Longsor terjadi lagi di Sukabumi, korbannya anak-anak yang sedang bermain di tebing

Sementara menurut Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi, Kamis (7/3/2019) malam, serangan yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIT itu dilakukan saat pasukan TNI yang tergabung dalam Satgas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) sedang melaksanakan pengamanan dalam rangka proses pergeseran pasukan TNI yang akan melaksanakan pengamanan dan pembangunan infrastruktur Trans-Papua, seksi Wamena-Mumugu.

Kemudian, kata dia, pasukan berusaha melakukan perlawanan sehingga berhasil menguasai keadaan, dan berhasil memukul mundur kelompok KKB sampai menghilang ke dalam hutan belantara.

Akibat serangan tersebut, kata Aidi, tiga prajurit gugur sebagai kusuma bangsa. Mereka yakni Serda Mirwariyadin asal NTB, Serda Yusdin asal Palopo, Sulsel dan Serda Siswanto Bayu Aji asal Grobogan, Jateng.

Baca juga  Ada kambing lahirkan anak mirip babi dan manusia, ini foto-fotonya!

Dari pihak KKB, prajurit TNI berhasil merampas 5 pucuk senjata milik (jenis masih dalam penyelidikan), ditemukan satu orang mayat (identitas dalam penyelidikan), dan diperkirakan setidaknya 7-10 orang anggota KKB juga tewas, namun mayatnya berhasil dibawa kabur oleh teman-temannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here