Unik, caleg PKS ini namanya Fransisca Santa Clause

SOLORAYA.COM – Poster caleg PKS bernama Fransisca Santa Clause belakangan ini viral di media sosial. Dalam poster nampak foto Fransisca lengkap dengan logo PKS dan contoh surat suara beserta kalimat ajakan untuk memilih dirinya di Pemilu 2019.


‘Kagem : Segenap Saudara, Trah, Tetangga, Sahabat & Rekan-rekan skalian, Mohon Doa, Restu dan Dukungannya. Pemilu 17 April 2019 mencoblos saya, nomer urut 3 dari PKS untuk suara DPRD Kab.Sleman (surat suara warna hijau)’

Di bagian bawah tertulis ‘ 3. Fransisca Santa Clause, S.Pi, Calon Anggota DPRD Kab.Sleman, Dapil 5 (Mlati dan Gamping)’.

Instagram

Beragam komentar dari netizen menanggapi nama caleg Dapil 5 untuk kursi DPRD Kabupaten Sleman itu.

Asal muasal poster itu ternyata berasal dari akun Instagram pk_sejahtera yang diunggah dua hari lalu dan telah disukai 3.232 dengan 170 an komentar. Informasi pada akun itu tertulis sebagai akun resmi Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS).

Baca juga  Sejarah Solo (8): Pro-kontra Swapraja

Ketua DPD PKS Kabupaten Sleman, Hasto Karyantoro membenarkan Fransisca adalah kadernya yang maju jadi caleg di Pemilu 2019.

“Betul, itu nama asli,” katanya melalui pesan singkat, Rabu (27/2/2019).

Hasto sebagaimana dilansir DetikNews juga enggan menanggapi komentar dari para netizen yang melontarkan ragam pertanyaan atas nama dari caleg tersebut.

Seperti diketahui, nama Santa Claus adalah nama lain dari sebutan Sinterklas, Santo Nikolas, Santo Nick, Bapak Natal, Kris Kringle, Santy, Sinyokolas atau Santa.

Santa Calus dikenal sebagai tokoh dalam berbagai budaya yang menceritakan tentang seorang yang memberikan hadiah kepada anak-anak, khususnya pada Hari Natal.

Terkait dengan ‘kontroversi’ soal nama itu, ada warganet yang memberikan penjelasan soal nama Fransisca. Dikutip dari sebuah akun Instagramnya, Fransisca memeluk Islam sejak lahir. Soal nama, ada pula komentar yang menyebutkan bahwa mengubah nama resmi itu butuh proses yang tidak mudah. Sementara mendaftar menjadi Caleg harus menggunakan nama resmi sesuai KTP dan ijazah.

Baca juga  Simak penjelasan PT IMIP tentang demonstrasi karyawan yang sesungguhnya

“Merubah nama resmi itu tidak mudah.Sedangkan daftar jadi caleg harus nama resmi yg ada di KTP,Ijazah dsb.Semoga saudari kita ini bisa menjadi Muslimah yg Shalehah & Istiqamah.Aamiin…👍,” tulis salah satu warganet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here