Sempat muncul di Facebook, video editan ‘Habib Rizieq & belly dance’ menghilang

SOLORAYA.COM – Baru-baru ini sebuah video yang menampilkan seorang perempuan sedang menari dengan Habib Muhammad Rizieq Shihab dan diiringi lagu berbahasa Hindi beredar di dunia maya. Video yang dipastikan editan itu kemudian menghilang setelah sebelumnya bikin heboh warganet.

Dalam video tersebut, tokoh Islam Indonesia yang dikenal sebagai pemimpin dan pendiri organisasi Front Pembela Islam (FPI) itu juga seperti ikut menari dengan penari perut (belly dancer).

Video itu diunggah akun facebook (FB) atas nama Leo Hammer . Dalam video yang sudah dibagikan sebanyak 69 kali saat tangkapan layar ini diambil, Sabtu 16 Februari siang, juga diberisi narasi: “Pantes aja dia ga mao pulang2”.

Namun, pada Selasa (19/2/2019), unggahan tersebut sudah hilang dari akun tersebut.
Hasil penelusuran Adi Syafitrah, salah seorang member grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), menyimpulkan bahwa video yang diunggah oleh akun Leo Hammer tersebut sudah mengalami proses penyuntingan.

Baca juga  Fadli Zon-Fahri Temui Rizieq di Mekah, Ternyata Inilah yang Mereka Bahas

“Hasil penelusuran menggunakan ‘image search’ milik google, video asli sudah diunggah pada tahun 2015, tanpa adanya lagu berbahasa Hindi dan penari perut,” ujar Adi dalam debunk-nya, Sabtu.

Sebagaimana dalam video yang di-upload di channel YouTube Anak Mamih berjudul: “Ceramah Lucu Habib Rizieq Gaya Mike Tyson”.

Dalam ceramahnya tersebut, Habib Rizieq membandingkan cara seorang pembawa acara ketika mempersilahkan seorang penceramah menyampaikan ceramahnya.

Intinya, video asli berisi tentang ceramah Habib Rizieq yang menunjukkan bagaimana perbedaan pembawa acara ceramah dan acara tinju. “Jadi, video yang dibagikan akun Leo itu adalah hoaks. Konten yang dimanipulasi dengan tujuan membangun premis,” ujarnya sebagaimana dilansir OkeZone.

Baca juga  Ini syarat, cara daftar dan link lowongan di 143 BUMN, lengkap!!

Video editan yang menampilkan tokoh Indonesia bukan kali pertama ini terjadi. Sebelumnya sempat beredar video editan presiden Joko Widodo atau Jokowi saat bertanya kepada anak kecil soal cita-cita. Dalam video tersebut si anak menjawab cita-citanya yang ditanyakan Jokowi dengan “Ingin Prabowo jadi presiden.” Tapi faktanya, si anak sesungguhnya menjawab ingin jadi YouTuber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here