Runway Bandara Juanda sempat terkelupas, segini parahnya

SOLORAYA.COM – Runway Bandara Internasional Juanda sempat mengalami kerusakan pada Kamis 7 Februari 2019. Setelah diperbaiki, bandara tersebut telah dibuka kembali

Berdasarkan NOTAMC A0540/19, Bandar Udara Juanda di Sidoarjo, Jatim telah beroperasi normal pada pukul 11.56 WIB yang sebelumnya sempat ditutup pada pukul 09.15 WIB.
Perbaikan perbaikan landasan pacu (runway) 10 dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB.

“Saat ini operasional telah kembali normal, diharapkan para maskapai dapat mempersiapkan secara kondusif keberangkatan para calon penumpang yang terkena dampak akibat penutupan sementara ini,” kata Heru Prasetyo General Manager Bandar Udara Internasional Juanda dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/2/2019).

Ilustrasi. (Pixabay)

Saat Bandar Udara Juanda dibuka, penerbangan kedatangan pertama yaitu Citilink QG 417 dari Pontianak. Sedangkan untuk pemberangkatan penerbangan pertama dari Bandar Udara Internasional Juanda yaitu Lion Air JT 856 tujuan Palembang.

“Terkait status operasional penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Juanda, penumpang dapat menghubungi contact center 172 dan bagi seluruh penumpang diimbau untuk memperbarui informasi terkait status penerbangan Anda dengan maskapai penerbangan,” ujar Heru sebagaimana dilansir Kompas.

Beberapa penerbangan menuju Surabaya terpaksa dialihkan ke bandara terdekat lantaran terdapat kerusakan di landasan pacu atau runway Bandara Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca juga  Runway Bandara Juanda rusak, ini 11 jadwal penerbangan yang terganggu

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo menyampaikan, penutupan sementara landas pacu (runway) Bandara Internasional Juanda Surabaya dikarenakan alasan perbaikan (work in progress) landasan pacu di dekat aiming point(posisi pendaratan) pesawat sejak pukul 09:00 WIB pagi tadi.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penutupan sementara Bandara Juanda pagi ini, saat ini tim teknik kami secara cermat tengah melakukan perbaikan pada bagian landas pacu yang mengalami kerusakan sebagai komitmen kami terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata Heru Prasetyo dalam rilis persnya.

Berikut daftar penerbangan yang terkena dampak penutupan bandara Juanda:

1. MALAYSIA AIRLINE MH871 Kuala Lumpur – Surabaya
2. SRIWIJAYA SJ555 Taipei – Surabaya
3. GARUDA GA7306 Surabaya – Jember
4. GARUDA GA449 Surabaya – Cengkareng5. GARUDA GA309 Surabaya – Cengkareng
6. CITILINK QG714 Cengkareng – Surabaya
7. CITILINK QG485 Banjarmasin – Surabaya
8. CITILINK QG431 Balikpapan – Surabaya
9. AIRASIA QZ321 Kuala Lumpur – Surabaya
10. SCOOT TR264 Singapura – Surabaya
11. SINGAPORE AIRLINE SQ930 Singapura – Surabaya

Baca juga  Daftar lengkap 49 caleg eks koruptor yang dikuak KPU

Seberapa parah?
Runway yang terkelupas berada di lokasi dekat touchdown runway 10. “Runway yang terkelupas sepanjang sekitar 3 meter, lebar 1 meter, dan kedalaman 3 cm,” ujar Humas Angkasa Pura I Yuristo.

Yuristo seperti dikutip dari DetikNews mengatakan konsentrasi dan percepatan perbaikan runway sudah dilakukan oleh Tim Teknik Angkasa Pura 1 berdasarkan SOP.

Terkelupasnya runway Bandara Juanda diperoleh dari informasi awal yang diberikan Pilot Batik Air ID 6391 SUB-CGK kepada Tower pada pukul 08.40. Dan sesuai prosedur, pukul 09.15 diterbitkan NOTAM A0539/19 NOTAMN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here