Runway Bandara Juanda rusak, ini 11 jadwal penerbangan yang terganggu

SOLORAYA.COM –¬†Untuk sementara, landasan pacu (runway) penerbangan bandara Juanda, Surabaya ditutup, Kamis (7/2/2019) untuk perbaikan. Akibatnya sejumlah jadwal penerbangan pun terganggu.

Kabar penutupan runway tersebut dirilis lewat NOTAM bernomor A0539/19 NOTAMN. Disebutkan runway 10/28 ditutup karena ada perbaikan.

Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro, mengatakan kerusakan itu terjadi di dekat Touchdown Runway 10. Walhasil, sejumlah penerbangan gagal mendarat pada Kamis (7/2/2019).

Ilustrasi. (Pixabay)

“Informasi awal [kerusakan] diperoleh dari Pilot Batik Air ID 6391 SUB-CGK kepada Tower pada pukul 08.40 WIB,” kata Yuristo.

Sesuai prosedur, kata dia, NOTAM diterbitkan pukul 09.15 WIB dan runway bandara Juanda ditutup hingga pukul 12.00 WIB untuk menjalani perbaikan.

“Saat ini konsentrasi dan percepatan perbaikan runway sedang dilakukan oleh Tim Teknik AP1 berdasarkan SOP,” katanya sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Setidaknya 11 penerbangan terganggu akibat perbaikan kerusakan runway di bandara Juanda, Surabaya, Kamis (7/2).

11 penerbangan yang terganggu

Bedasar keterangan dari PT Angkasa Pura I (AP I), penerbangan yang terganggu itu mencakup delapan kedatangan dan tiga keberangkatan dari dan ke bandara Juanda siang ini.

Baca juga  Detik-detik lengkap Andi Arief ditangkap karena kasus narkoba

“Beberapa flight yang terdampak dialihkan (divert) ke Denpasar dan Semarang. Satu flight internasional SQ930 RTB ke Singapura. Sementara hingga saat ini tercatat 11 flight terdampak, kedatangan 8 flight dan keberangkatan 3 flight,” kata Communication and Legal Section Head AP I, Yuristo Adhi Hanggoro, Kamis (7/2/2019).

Delapan kedatangan penerbangan yang dialihkan adalah Malaysia Airline (MH871) rute Kuala Lumpur-Surabaya, Scoot (TR264) rute Singapura – Surabaya, Singapore Airline (SQ930) rute Singapura – Surabaya, Citilink (QG714) rute Cengkareng – Surabaya, Citilink (QG485) rute Banjarmasin – Surabaya, Citilink (QG431) rute Balikpapan – Surabaya, dan Air Asia (QZ321) rute Kuala Lumpur – Surabaya.

Sementara itu, tiga keberangkatan yang terdampak adalah Garuda (GA7306) rute Surabaya-Jember, Garuda (GA449) rute Surabaya – Cengkareng, dan Garuda (GA309) rute Surabaya – Cengkareng.

“Sesuai prosedur pukul 09.15 diterbitkan NOTAM A0539/19 NOTAMN runway Bandara Juanda ditutup hingga pukul 12.00 WIB,” kata Yuristo yang juga menegaskan percepatan perbaikan runway dilakukan Tim Teknik AP1.

Baca juga  Ini yang dibicarakan pendemo dengan produser 'Dilan 1991'

Ia menerangkan kali pertama kerusakan di lokasi dekat Touchdown Runway 10 bandara Juanda itu diinformasikan dari Pilot Batik Air ID 6391 SUB-CGK kepada Tower pada pukul 08.40.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penutupan sementara Bandara Juanda pagi ini, saat ini tim teknik kami secara cermat tengah melakukan perbaikan pada bagian landas pacu yang mengalami kerusakan sebagai komitmen kami terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo soal kerusakan runway di lokasi tersebut.

Atas perbaikan kerusakan tersebut, untuk informasi lebih lanjut mengenai status operasional penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Juanda, penumpang dapat menghubungi contact center 172. Selain itu, bagi seluruh penumpang diimbau untuk memperbaharui informasi terkait status penerbangan dengan maskapai penerbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here