Ledakan terjadi di dekat lokasi Debat Pilpres 2019, begini penjelasan polisi

SOLORAYA.COM – Suasana nonton bareng (nobar) debat capres putaran kedua di Parkir Timur (Parkit) Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu, 17 Februari 2019 malam buyar. Sebuah ledakan kencang terdengar dekat lokasi tersebut.

Di antara mereka ada yang berlari menuju titik ledakan karena penasaran. Titik sumber ledakan itu berada sekitar puluhan meter dengan lokasi debat untuk pendukung Jokowi-Ma’ruf.

Seketika itu juga personel gabungan TNI-Polri langsung mensterilkan lokasi. Mereka membuat barikade untuk mengamankan lokasi. Aparat gabungan TNI-Polri langsung mensterilkan area titik ledakan terjadi.

Saat ini polisi tengah memeriksa rekaman CCTV guna mengejar pelaku. Dan berikut adalah pernyataan lengkap Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy Pramono sebagaimana yang dikutip dari NCBCIndonesia:

Kami lakukan olah TKP, yang kami temui sementara adalah petasan. Jadi mungkin siapa pelakukan, kami akan lakukan lidik. Sekarang kami buka police line.

Ilustrasi. (Pixabay)

Tidak ada sterilisasi, kami sudah cek cctv.

Ini masih proses awal, kami masih proses penyelidikan akan ada tahap yang akan kita lakukan. Pertama, kami lihat cctv siapa yang taruh di sana. Itu masih proses waktu, ya. Sementara ini dari hasil olah TKP itu petasan.

Tidak ada korban manusia atau materi, tidak sama sekali. Ini petasan, nanti kami tunggu hasil penyelidikan lebih lanjut.

Kami akan lihat dari cek CCTV dan penyelidikan lebih lanjut, ini kan baru kejadian. Nanti keterangan lebih lanjut, hasil penyelidikan akan kami sampaikan.

Sementara terkait dengan pengamanan acara debat, pihaknya mengaku tidak ada masalah. Hanya, pasukan sudah disiapkan sejak dari kemarin. “Bahkan tadi siang kita sudah laksanakan apel dengan Pangdam. Kita sudah bagi ke empat pos dari ring satu, dua, hingga empat. Tidak ada penambahan pengamanan. Ini ring 4,” tutur Kapolda metro Jaya.

Baca juga  Perjalanan karier balap dan foto-foto kenangan M Zaky saat berjuang meraih prestasi

Meskipun sempat diwarnai ledakan, para pendukung dari kedua paslon yang mengikuti jalannya nonton debat bareng tetap tak bergeming dan duduk dengan tenang di kawasan parkit senayan, Minggu (17/2/2019).

Paspampres menyisir area lobi jalur VVIP debat capres di Hotel Sultan, Senayan. Mereka menyisir kolong-kolong mobil.

Penyisiran dilakukan setelah ledakan petasan terjadi sekitar pukul 20.15 WIB, Minggu (17/2/2019). Polisi sebagaimana dilansir DetikNews memastikan, sumber ledakan adalah petasan, namun material petasan masih diteliti Laboratorium Forensik.

Sekitar 10 menit setelah menyisir, Paspampres kembali merapat ke lobi Hotel Sultan. Sementara itu, lokasi petasan meledak di Jl Stadion Senayan dekat Stadion Akuatik-Parkir Timur masih dijaga polisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here