Joko Driyono jadi tersangka pengaturan skor pertandingan

SOLORAYA.COM – Plt Ketum PSSI, Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pengaturan skor. Surat pencekalan dari polisi juga sudah dikirimkan ke pihak Imigrasi.


Kabar tersebut diungkapkan Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono, Jumat (15/2/2019).

“Ya (sudah tersangka), sejak Kamis,” kata Kombes Argo.

Joko Driyono. (Instagram)

Polisi sebelumnya menggeledah apartemen Joko Driyono dan kantor PSSI. Penggeledahan dilakukan sejak Kamis (14/2/2019) hingga Jumat (15/2/2019) pagi.

“Tadi (penggeledahan) di rumahnya sama di kantor PSSI. (Penggeledahan) ada di ruang kerjanya JD,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Dalam kasus pengaturan skor ini, polisi sudah menetapkan 11 tersangka, mulai pihak wasit hingga anggota Komisi Disiplin PSSI.

Para tersangka dijerat dengan dugaan tindak pidana penipuan dan/atau penggelapan dan/atau tindak pidana suap dan/atau tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau UU No 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan/atau Pasal 3, 4, 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

Baca juga  Hahahahaha!!! Ini foto-foto pria keliling dunia naik sepeda lipat milik istrinya yang dijamin bikin ngakak

Siapa Ketua PSSI?

PSSI belum mendapat informasi resmi soal penetapan tersangka Joko Driyono. Jika itu benar, mereka mengagendakan emergency meeting.

“Kalau memang itu betul, saya akan segera melakukan emergency meeting. PSSI juga belum dapat info dari Polda,” ucap anggota Komite Exekutif PSSI, Yoyok Sukawi.

“Di emergency meeting juga banyak yang mesti dibahas. Nanti kami akan lihat Statuta PSSI dan PSSI harus bagaimana, juga dengan statusnya Pak Joko.¬†Saya juga belum paham kalau di statuta jika sudah tersangka tetapi belum berkekuatan hukum tetap itu bagaimana. Saya belum bisa jawab sebelum emergency meeting,” tuntas sebagaimana dilansir DetikNews.

Sebelum menjadi Plt Ketua Umum PSSI dan menggantikan Edy Rahmayadi pada Minggu (20/1/2019), Joko Driyono merupakan Wakil Ketua PSSI.

Karier Joko Driyono di dunia sepak bola berawal dari kiprahnya sebagai seorang jurnalis olahraga. Dari situ, Joko Driyono kemudian mendapat kesempatan untuk menjadi manajer di Pelita Krakatau Steel. Pada awal tahun 1990-an, Joko Driyono mendapat tawaran untuk bergabung bersama PSSI.

Baca juga  Kronologi lengkap penetapan Jokdri sebagai tersangka mafia bola dan barang buktinya

Masuk PSSI dengan jabatan sebagai anggota, karier Joko Driyono terus meningkat dengan menempati posisi-posisi strategis di PSSI.

Sepanjang berkarier di PSSI, Joko Driyono tercatat pernah menempati jabatan sebagai CEO PT Liga (Operator ISL), Sekretaris Jenderal PSSI, Wakil Ketua, hingga kini menjadi Plt Ketua Umum PSSI.

Joko Driyono seperti ditulis Kompas, sempat masuk dalam bursa Ketua Umum PSSI pada tahun 2015 lalu. Namun, PSSI baru mengadakan kongres pada tahun 2016 dan memunculkan nama Edy Rahmayadi yang kemudian mendapat jabatan itu dengan mengalahkan delapan calon lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here