Foto-foto Dilan Day di Bandung, seluruh bioskop di Bandung hanya tayangkan ‘Dilan 1991’

SOLORAYA.CO – Dilan Day atau Hari Dilan pada Minggu 24 Februari 2019 sempat jadi trending topic. Wajarlah, karena film ‘Dilan 1990’ lalu yang sudah tembus lebih dari enam juta penonton, kini kembali diceritakan dalam film ‘Dilan 1991’.

Uniknya, film kisah lanjutan Dilan dan Milea ini ditayangkan serentak di Bandung pada hari Minggu (24/2/2019) dan hanya menayangkan film ‘Dilan 1991’ di seluruh bioskop di kota Bandung.

Antusias dari warga Bandung pun meriah. salah satunya dengan konvoi 1000 kendaraan, peresmian Sudut Film Dilan, dan juga merayakan hari Dilan.

“Hari ini kita rangkaian tur hari Dilan dan baru saja meresmikan sudut film Dilan di akhir tahun kurang lebih dan nggak sabar untuk nonton ‘Dilan 1991’,” ujar Iqbaal saat ditemui di Gedung Sate saat menyapa penggemar, Minggu (24/2/2019).

“Terima kasih untuk animonya dan sudah bisa disaksikan mulai 28 Februari 2019 dan yang dapat tiketnya nanti kita ketemu untik nonton Dilan. Semua waktu di kota Bandung menayangkan film Dilan 1991 hari ini,” lanjutnya.

Film produksi Falcon Pictures ini menceritakan tentang kisah setelah Dilan dan Milea berpacaran dan menghadapi banyak konflik dalam perjalanan cinta mereka.

Selain itu, warganet pun juga tururt meramaikan tagar DilanDay. Nah, ini dia foto-fotonya yang beredar di media sosial:

Apa itu Dilan 1990?

Dilan 1990 merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada Kamis, 25 Januari 2018. Film ini diangkat dari novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq. Film ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla.

Para pemain pendukungnya antara lain Farhan, Ira Wibowo, Tike Priatnakusumah, dan personel grup idola JKT48, Adhisty Zara. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga ikut bermain di film ini, demikian pula dengan kakak Vanesha, Sissy Priscillia, yang menjadi narator film sekaligus suara dari Milea dewasa.

Film produksi Falcon Pictures, Max Pictures dan Maxima Pictures itu mulai diproduksi pada Rabu, 26 Juli 2017 dan akhir diproduksi pada Kamis, 2 November 2017 selama 100 hari. Pengambilan gambar berlangsung di dua kota, yakni Bandung dan Jakarta.

Baca juga  Jokowi Bakal Percepat Penyelesaian Kasus HAM Masa Lalu

Pada September 1990, Milea dan keluarganya pindah dari Jakarta ke Bandung. Saat hendak masuk di sebuah SMA, Milea bertemu dengan Dilan sang panglima geng motor. Dilan tak memperkenalkan dirinya, namun dengan sangat percaya diri segera meramal kalau Milea akan naik motor bersamanya dan menjadi pacarnya. Dilan, entah bagaimana caranya, mengetahui segala tentang Milea, bahkan alamat rumah dan nomor teleponnya. Singkat cerita, Dilan merayu-rayu Milea dengan memberikan berbagai hadiah yang bermakna, misalnya buku teka-teki silang yang sudah diisi dengan alasan “supaya tidak perlu repot memikirkan jawabannya.” Pada titik ini, Milea masih memiliki seorang pacar bernama Benni, yang ia tinggalkan secara fisik di Jakarta. Milea sendiri merasa tidak nyaman karena Benni adalah lelaki yang pencemburu dan kasar. Kepercayaan diri Dilan yang berlebih sempat membuat Nandan, sang sahabat yang juga menyukai Milea, tidak nyaman. Meski begitu, Milea mulai menyukai Dilan.

Saat kelompok Milea maju ke lomba Cerdas Cermat antar sekolah yang dihelat di kantor pusat TVRI di Jakarta, tiba-tiba saja Benni muncul ke hadapan Milea. Milea, yang sedang makan berdua saja dengan Nandan karena ditinggal teman mereka yang pergi ke kamar mandi, terlibat cekcok dengan Benni yang mengira Nandan merusak hubungan asmaranya. Benni menghajar Nandan sebelum dilerai oleh Milea. Benni mengata-ngatai Milea dengan sebutan genit berkali-kali, sehingga Milea memutuskan hubungan mereka. Benni marah besar, melanjutkan makiannya dengan menyebut Milea “pelacur”. Sekembalinya ke Bandung, Milea ditelepon Benni, yang kemudian memohon maaf. Milea sudah memaafkannya, namun menolak ajakan untuk kembali berpacaran. Benni mengeluarkan lagi makian “setan” dan “pelacur”, yang dibalas Milea dengan menutup telepon. Setelahnya, hubungan Dilan dan Milea makin dekat saja, walau belum pernah ada kata cinta terucap. Mereka pulang sekolah berboncengan, sesekali bergandengan tangan, dan bertelepon malam-malam. Saking dekatnya, Milea berhasil membujuk Dilan supaya tidak lagi terlibat dalam tawuran antar geng.

Baca juga  Ada diskon gila-gilaan sebelum Central Neo Soho tutup

Milea juga membangun hubungan baik dengan ibunda Dilan. Satu waktu, Milea ditunjuki kamar Dilan yang berantakan dan diajak merapikannya. Sang ibu juga menunjukkan puisi-puisi cinta yang dibuat Dilan untuk Milea.

Milea harus menghadapi Kang Adi, mahasiswa yang merupakan guru les privatnya dan sang adik. Tampak bahwa Kang Adi menaksir Milea. Dia bahkan membawa Milea mengunjungi kampus tempatnya belajar, Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketika Dilan mengetahui bahwa Milea pergi berdua dengan Kang Adi, ia mengirim puisi kekecewaan yang membuat Milea menyesal. Milea mencari Dilan ke rumahnya dan sekolah. Di sekolah ia bertemu Anhar, salah satu rekan geng Dilan, yang sedang mabuk. Anhar kemudian menamparnya. Setelah mengetahui peristiwa ini, Dilan menghajar Anhar habis-habisan. Mereka kemudian dilerai oleh guru BP dan kepala sekolah serta siswa-siswa lain. Mereka dan Milea pun dibawa ke ruang Kepala Sekolah. Setelah meninggalkan ruangan, Dilan dan Milea menuju warung Bi’ E’em, di mana mereka resmi memulai hubungan pacaran.

Apa itu Dilan 1991?

Dilan 1991 adalah sebuah film Indonesia mendatang yang disutradarai oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq. Film tersebut adalah sekuel dari Dilan 1990. Film tersebut direncanakan akan tayang pada 28 Februari 2019 dan syutingnya dimulai di Bandung pada November 2018.Film ini adalah sekuel dari Dilan 1990 yang tayang Januari 2018.

Film tersebut akan kembali diperankan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea, sementara Maudy Koesnaedi memerankan karakter baru bernama Tante Anis dalam film ini. Adhisty Zara dari JKT48 dan Ira Wibowo akan kembali berperan masing-masing sebagai adik dan ibunda Dilan. Ridwan Kamil, yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat, kembali ikut bermain di film ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here