Fakta-fakta lengkap debat kedua Capres-Cawepres 2019, dari tempat, moderator, format hingga siaran langsungnya

SOLORAYA.COM – Malam ini adalah malam yang ditunggu-tunggu para pendukung Capres- Cawapres 2019, Joko Widodo (Jokowi) – Maaruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ya, kedua psangan calon presiden dan wakil presiden 2019 itu bakal beradu pandangan pada malam ini, Minggu (17/2/2019).


Berikut ini fakta-fakta lengkap yang wajib Anda ketahui sebagai pendukung setia capres-cawapres pilihan Anda.

Debat capres 17 februari 2019. (Dok. Isitimewa)

Waktu dan tempat
Debat capres kedua akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, dan dimulai pukul 20.00 WIB.

Tema
Untuk debat kedua di Pilpres 2019, KPU memilihkan tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Moderator
Pembawa berita Tommy Tjokro dan Anisha Dashuki diplot sebagai moderator sekaligus memandu jalannya debat capres kedua ini. Nama Najwa Shihab sempat menjadi kandidat kuat moderator debat sebelum akhirnya KPU memutuskan Tommy dan Anisha.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman pada akhir 25 Januari lalu menyatakan bahwa pemilihan moderator telah disetujui baik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf maupun Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi.

Panelis
Tim panelis sebagaimana dilansir CNN Indonesia, beranggotakan Joni Hermana (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Nur Hidayati (Direktur Eksekutif Walhi), Arif Satria (Rektor Institut Pertanian Bogor), Irwandy Arif (ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung), Ahmad Agus Setiawan (pakar energi Universitas Gadjah Mada), Sudharto Prawata Hadi (pakar Lingkungan Hidup), Dewi Kartika (Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).

Baca juga  Curhat mengejutkan adik Ahok soal dipaksa ubah keterangan di gugatan cerai

Susunan acara
Sama seperti debat pertama, kedua capres akan menjalani enam segmen. Total waktu debat yang diperkirakan KPU berkisar 90 hingga 94 menit. Berikut adalah rincian segmennya.
– Segmen 1: Penyampaian visi-misi
– Segmen 2 dan 3: Pertanyaan dari tim panelis
– Segmen 4: Debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat
– Segmen 5: Capres saling bertanya
– Segmen 6: Pernyataan penutup

Format
KPU sempat mendapat sorotan tajam setelah debat pertama dinilai tidak benar-benar menguji kemampuan paslon, karena pertanyaan panelis pada segmen dua dan tiga telah dibocorkan terlebih dahulu.

Pada debat capres kedua ini, KPU kemudian menghapuskan sistem ‘bocoran’. Bahkan hanya tim panel yang mengetahui daftar pertanyaan debat itu.

Selain itu, KPU juga memasukkan konsep tarung bebas alias free fight selama 16 menit pada segmen keempat. Pada bagian ini, Jokowi dan Prabowo akan saling debat dan menanggapi tanpa dibatasi waktu berbicara seperti di segmen dua dan tiga.

Dalam segmen keempat, KPU juga akan memutar video berdurasi 30 detik yang akan menjadi bahan kedua capres berdebat. Materi video dirancang oleh tim panelis dan produksi video dibuat oleh rumah produksi profesional.

Satu perubahan lain yang dibawa oleh KPU pada debat kali ini adalah akan ada kamera yang menyiarkan perjalanan paslon menuju lokasi debat. KPU menyebut terobosan ini bertujuan agar kedua kandidat dapat lebih interaktif terkait persiapan jelang debat.

Baca juga  Orang yang sudah meninggal masih bisa bergerak, bersuara, melahirkan dan meledak, begini penjelasan medisnya!

KPU juga berharap sebelum debat, kedua capres bisa saling bersalaman, menyapa, dan bertukar kabar, sebagai simbol kultur ramah-tamah masyarakat Indonesia.
Siaran langsung

Pada debat capres kedua 2019, ada empat media massa yang diberikan akses untuk meliput langsung ke ruang debat, yakni, RCTI, JTV, MNC TV, an INews TV. Namun, KPU tetap membolehkan stasiun televisi lainnya untuk menayangkan.

Jadwal debat-debat lainnya
Debat Ketiga dihelat di Hotel Sultan, Jakarta, pada 17 Maret. Debat ini hanya menampilkan Cawapres dan bertema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.
Debat keempat digelar di Balai Soedirman, Jakarta pada 30 Maret. Debat hanya menampilkan Capres dan bertema ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

Debat kelima digelar di Hotel Bidakara, namun tanggap pelaksanaan belum disepakati. Debat kembali menampilkan pasangan Capres-Cawapres dan bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi serta industri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here