Pesawat Piper-P46 Malibu ditemukan di dasar laut, ini foto penampakannya dan kondisi jenazah Emiliano Sala

SOLORAYA.COM – Pesawat Piper-P46 Malibu hilang di utara laut Alderney, Les Casquete saat terbang dari Nantes, Minggu (20/1/2019) lalu waktu setempat. Kini pesawat yang mengangkut yang ditumpangi pemain baru Cardiff City, Emiliano Sala itu ditemukan di dasar laut Selat Inggris.


Pesawat yang mengangkut Sala dan seorang pilot ditemukan hanya beberapa jam setelah pencarian dilakukan di laut dekat Channel Islands. Pesawat ditemukan di dasar laut dalam keadaan hancur.

Pesawat ini ditemukan oleh perahu yang disewa secara pribadi oleh keluarga Sala setelah mereka melakukan pengumpulan dana secara online. Usai menemukan reruntuhan pesawat, kru kapal pencari segera menyampaikannya ke pihak penyelidik pemerintah.
Kepala investigasi kecelakaan yang diinisiasi sendiri oleh keluarga Sala, David Mearns, mengonfirmasi penemuan pesawat tersebut melalui akun Twitter-nya.

“Pesawat yang membwa Emiliano Sala dan dipiloti oleh David Ibbotson sudah ditemukan lokasinya pagi ini (Minggu) oleh FPV Morven. Setelah disepakati dengan AAIB (Air Accidents Investigation Branch) mereka mengubah posisi GEO OCEAN III ke lokasi tersebut dan kami memberikan indetifikasi visual yang didapat ROV (kendaraan bawah laut yang dikendalikan menggunakan remote control) pada mereka,” demikian cuitan Mearn di akun Twitternya.

David Mearns sebagaimana dilansir The Guardian juga menyebut kalau keluarga Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson langsung dikabari soal penemuan tersebut.

Baca juga  Klarifikasi lengkap kuasa hukum Habib Bahar soal isi ceramah yang dianggap rasis

Pesawat yang ditumpangi Sala hilang kontak pada Senin (20/1/2019) malam waktu setempat dalam penerbangan dari Nantes menuju Cardiff. Proses pencarian yang dilakukan pemerintah hanya berlangsung empat hari dan kemudian diputuskan dihentikan.

Keluarga Sala kemudian mengumpulkan dana secara online untuk melanjutkan pencarian secara pribadi. Didukung oleh beberapa pesepakbola top dunia, dana akhirnya didapat dan pencarian bisa dilanjutkan pada Minggu (3/2/2019) kemarin.

Kondisi Emiliano Sala

Dari rekaman video terlihat satu orang berada di dalam pesawat, yang sudah menjadi puing di dasar laut Selat Inggris.

Cabang Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) mengonfirmasi satu jasad terlihat dalam rekaman video puing pesawat yang membawa Emiliano Sala.

Sala menumpangi pesawat Piper Malibu pada 22 Januari, ketika terbang dari Nantes ke Wales setelah merampungkan transfer termahal Cardiff City senilai £15 juta. Pemain asal Argentina ini kembali ke Prancis untuk mengucap selamat tinggal kepada rekan setimnya, dan dalam perjalanan kembali ke Cardiff, pesawat yang ditumpangi sang penyerang bersama pilot David Ibbotson hilang dari radar di dekat laut Inggris.

Pencarian awal sempat dihentikan tiga hari sejak hilangnya pesawat tersebut karena penyelidik tidak dapat menemukan tanda-tanda pesawat. Namun, pencarian dilanjutkan setelah pihak keluarga berhasil menggalang dana.

Ayah Emiliano Sala, Horacio Sala merasa lega karena khayalan-khayalan tentang anaknya berakhir.

Baca juga  Disaat Jokowi Jenguk Anthony Ginting, Fadli Zon Ingatkan Gempa Lombok

Kabar tersebut menjadi jawaban keberadaan Sala yang terus dinanti keluarga. Dia sedih, namun juga lega bahwa khayalan terkait keberadaan anaknya sudah berakhir.

“Sekarang kami telah mengakhiri khayalan, kami berharap kedua mayat itu ada di sana. Tidak ada lagi kata-kata untuk diucapkan,” kata Horacio dalam wawancaranya kepada Fox Sports dari kota Progreso, Santa Fe.

“Saya tahu mereka telah menemukan pesawat, mereka mencari mayat dan ternyata ada satu, tetapi Anda tidak tahu siapa itu,” sambungnya.

“Dengan temuan itu saya merasa sedikit lega , tetapi itu adalah sesuatu yang tidak bisa dijelaskan, semoga kedua jenazah ada di sana untuk mengurangi rasa sakit sedikit lagi,” tegasnya.

Piper PA-46 Malibu dan Matrix adalah keluarga dari pesawat ringan Amerika yang diproduksi oleh Piper Aircraft dari Vero Beach, Florida. Pesawat ini didukung oleh mesin tunggal dan memiliki kapasitas untuk satu pilot dan lima penumpang. Awal Malibu bermesin piston, tetapi versi turboprop, Malibu Meridian, juga tersedia.

PA-46 adalah pesawat piston tunggal bermesin ketiga dengan kabin bertekanan untuk mencapai pasar, setelah Mooney M22 dan Cessna P210 Centurion. Pesawat ini dijual terutama untuk pelanggan sipil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here