Tak lagi gratis, ini daftar lengkap tarif 7 tol trans Jawa mulai 21 Januari 2019

SOLORAYA.COM – Sebanyak tujuh ruas jalan tol trans Jawa akan diberlakukan tarif barunya mulai Senin 21 Januari 2019 mendatang setelah beroperasi sejak 20 Desember 2018 lalu. Sebelumnya, tujuh ruas tol baru tersebut digratiskan pengoperasiannya oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) guna menyambut arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019.

Setelah masa tahun baru selesai, PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol tersebut akan memberlakukan tarif baru pada Senin mendatang, 21 Januari 2019, pukul 00.00 WIB.

Peresmian Tol Solo- Ngawi Segmen Sragen-Ngawi. (Instagram/Jokowi)

Adapun tujuh ruas tol trans Jawa yang akan berlaku tersebut, yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri segmen Wilangan-Kertosono, Jalan Tol Jombang-Mojokerto Segmen Bandar-Kertosono, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati, Jalan Tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, keputusan untuk mulai diberlakukan tarif pada ruas tol trans Jawa yang baru sudah melalui penghitungan dengan para BUJT.

Baca juga  Ini foto-foto dan video Malam Munajat 212 di media sosial

Kesepakatan tersebut, kemudian dikuatkan dengan Keputusan Menteri PUPR, setelah sebulan sebelumnya digratiskan pada para pengendara. Untuk beberapa ruas jalan tol tarifnya masih Rp1.000 per kilometer, tetapi untuk tarif terjauh masih akan dikenakan diskon.

“Tarifnya sudah disampaikan sebelumnya ada beberapa ruas Rp1.000 per kilometer, tetapi untuk jarak terjauh ada diskon, ini sebelum ditetapkan formula yang lebih permanen,” jelasnya.

Kemudian, untuk skema pemberian diskon, Herry mengungkapkan, akan diberikan sebesar 15 persen untuk perjalanan terjauh. Dan, nantinya akan dibagi pemberian diskon tersebut dalam setiap kluster.

Sementara itu, untuk tol trans Jawa ada empat kluster yang dimiliki, yaitu kluster pertama Cikarang Utama-Palimanan, kluster dua Palimanan-Kalikangkung, kluster tiga Banyumanik-Warugunung, dan kluster empat Kejapanan-Grati.

“Jadi, diskon hanya diberikan dari gerbang awal ke gerbang ujung tol, sementara yang masuk di tengah kluster tidak. Dan, saat ini yang diberikan diskon hanya pada kluster dua, tiga, dan empat saja,” tegasnya.

Baca juga  Muda, tampan dan kayaraya, ini deretan bisnis Reino Barack

Berikut ini infografis lengkap tarif Tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura, Ngawi-Kertosono-Kediri segmen Wilangan-Kertosono, Jombang-Mojokerto Segmen Bandar-Kertosono, Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati, Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol yang kami kutip dari akun media sosial Jasa Marga :

Ini dia informasi yang pastinya ditunggu-tunggu Kawan JM semua. Yap, tarif golongan 1 untuk jarak terjauh di Tujuh Ruas Tol Trans Jawa! Mari simak bersama tarifnya, dalam infografis berikut ini, yuk!.

Kawan JM, kepemilikan ruas jalan tol sepanjang #TolTransJawa di atas ada pada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) masing-masing ya..

Kawan JM, Jasa Marga juga tak lupa mengimbau untuk selalu mengecek kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan. Selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara, serta perhatikan selalu batas maksimal kecepatan. Selamat berkendara!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here