Inilah obat alami untuk sembuhkan wasir

SOLORAYA.COM – Anda menderita ambeien atau wasir tapi tidak sembuh-sembuh? Nah, buah satu ini bisa jadi alternatif obat bagi Anda yang menginginkan proses penyembuhan wasir secara alami.

Apa itu wasir?

Wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak. Kondisi juga sering disebut sebagai hemorrhoid atau lebih terkenalnya disebut sebagai ambeien.

Wasir dapat muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau di sekitar anus (dubur). Biasanya wasir disebabkan karena sering dan kelamaan mengejan saat BAB (buang air besar). Penyakit ini masih dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Internal hemorrhoid. Wasir ini muncul di dalam saluran rektum Anda. Biasanya internal hemorrhoid tidak nyeri tapi menyebabkan BAB berdarah.

External hemorrhoid. Wasir ini terletak di luar anus dan mungkin terasa gatal atau nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Wasir adalah kondisi yang tidak berbahaya dan tidak menular. Biasanya wasir dapat sembuh sendiri atau dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan obat wasir.

Obat alami
Nah, salah satu obat alami untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan mengonsumsi buah. Tapi jangan kaget, pertumbuhan buah satu ini memang aneh bin ganjil, tak seperti pertumbuhan buah pada umumnya. Apanya yang aneh? Ya, karena tidak tumbuh di batang atau ujung cabang, melainkan tumbuh di daun.

Selain pertumbuhannya yang aneh, buah ini juga punya nama yang rumit, njlimet, bahkan ribet, yakni Ruscus aculeatus atau kalau ingin menyebutnya lebih mudah lagi, ya sebut saja Butcher’s Broom.

Tumbuhan buah ini merupakan semak abadi yang tumbuh dengan struktur keras, tegak, dan daun yang sangat kaku. Buah berry merah kecil akan melekat langsung ke daun dengan batang pendek, sehingga tanaman ini tampak sangat aneh.

Tumbuhan ini bisa kita temukan di Iran hingga ke Mediterania dan Amerika Serikat bagian selatan. Mereka telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun, sebagai pencahar dan diuretik. Serta bisa untuk mengobati berbagai penyakit seperti obat untuk wasir, varises, gatal, dan bengkak.

Tunas muda tanaman ini juga bisa dimakan seperti asparagus. Ranting yang kaku dulunya digunakan oleh tukang daging, untuk menjaga talenan mereka tetap bersih.

(IndiaTima)

Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad, tetapi penggunaan sebagai obat mulai pudar dalam satu abad terakhir. Investigasi pada tahun 1950 menunjukkan bahwa, tanaman ini bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga bagus untuk Obat untuk Wasir.

Baca juga  Film "Suzzana: Bernapas dalam Kubur" laris manis, ini info lengkap jumlah penontonnya.....

Dan mengandung alkaloid yang menghambat berjalannya ion natrium melintasi membran sel, dan dengan demikian merupakan zat anti-arrhythmic efektif.

Tapi kini, tanaman ini sudah banyak ditanam di kebun dan buah namun digunakan sebagai dekorasi saja. Nah untuk mengonsumsinya bisa langsung dimakan tanpa ada pengolahan terlebih dahulu.

Tertarik untuk menjadi alternatif obat untuk wasir? Mungkin alangkah lebih baik Anda mencobanya tetapi dengan persetujuan ahli medis dahulu.

Selain buah tadi, makanan kaya serat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bagi Anda penderita ambeien. Pertama adalah serat larut.

Serat ini lengket dan lembut, seperti gel sehingga dapat menyerap air. Ini membuat feses menjadi lebih lembut,terbentuk dengan baik, dan mudah melewati anus ketika dikeluarkan. Anda yang mengonsumsi banyak serat jenis ini akan terhindar dari sembelit.

Anda yang memiliki ambeien pasti sangat kesulitan saat buang air besar (sembelit). Oleh sebab itu, makanan yang mengandung banyak serat seperti ini, dapat mengurangi sembelit yang dirasakan dan mengurangi iritasi yang terjadi ketika buang air.

Kedua adalah serat tidak larut. Jenis serat ini memiliki sifat yang tidak larut dalam air sehingga tidak dipecah secara langsung di usus dan langsung menyerap ke aliran darah yang mengalir ke sistem pencernaan. Ini membantu menjaga sistem pencernaan karena menyeimbangkan zat kimia di usus.

Makanan yang tinggi serat, biasanya memiliki kedua jenis serat ini bersamaan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi serat terlalu cepat juga tidak baik untuk kesehatan. Sebab perut Anda akan merasa penuh dan lebih mudah buang gas. Oleh karena itu, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi banyak cairan menyeimbangkan serat tersebut.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, dalam kondisi normal tubuh membutuhkan sekitar 37 sampai 38 gram serat per hari untuk yang berumur 18 tahun hingga 50 tahun. Bila Anda memiliki ambeien, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan takaran serat yang Anda butuhkan per hari sesuai dengan kondisi Anda.

Berbagai macam makanan saat ambeien yang bisa dianjurkan
Ada banyak makanan yang mengandung tinggi serat, seperti:

Kacang-kacangan
Ada banyak jenis kacang-kacangan bisa dikonsumsi saat ambeien terjadi. Misalnya, kacang almond, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau, dan kacang lentil.

Biji-bijian
Makanan dari biji-bijian kaya akan serat tidak larut. Anda dengan mudah menemukan makanan dari biji-bijian pada oat, jagung, roti atau biskuit yang terbuat dari dari tepung gandum.

Baca juga  Video detik-detik mencekam meluapnya Lembah Anai

Sayur dan buah
Makanan ini sangat direkomendasikan untuk kesehatan tubuh, apalagi bila sedang sakit. Beberapa sayuran yang kaya akan flavonoid dan kaya serat biasanya memiliki daun yang berwarna hijau gelap. Misalnya brokoli, bayam, kubis, dan kangkung. Sementara untuk sayuran Anda dapat mengonsumsi buah anggur, apel, stroberi, pisang, kurma, tomat, atau ceri. Makanan yang mengandung banyak air juga bisa Anda konsumsi, misalnya mentimun, seledri, semangka, dan lain-lain.

Dari seluruh makanan tersebut, Anda bisa mencoba beberapa kombinasi. Misalnya salad sayur dengan taburan kacang almond, gado-gado, roti gandum dengan selai kacang, salad buah, atau campuran oat dan kacang-kacangan atau pisang. Mengolah sayuran hijau juga jangan sampai merusak kandungan nutrisi di dalamnya, yaitu tidak memasaknya hingga warnanya memudar dan menggunakan lebih sedikit mentega. Anda juga bisa mengonsumsi yogurt, kefir, atau susu rendah lemak sebagai camilan.

Pantangan
Tidak semua makanan baik untuk pasien ambeien. Makanan tersebut bila dikonsumsi malah akan menyebabkan sembelit dan membuat kondisi semakin buruk. Seperti makanan pedas. Dilansir dari Live Strong, makanan pedas dapat mengganggu perut dan memperburuk sistem pencernaan.

Namun, beberapa ahli masih memperdebatkan hal ini karena ada penelitian yang bertentangan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan pedas, misalnya makanan yang dicampur banyak cabai atau lada.

Makanan berlemak juga pantang untuk penderita ambeien. Lemak memakan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh dibanding nutrisi lainnya. Oleh karena itu, makanan berlemak akan membuat pencernaan bekerja lebih keras dan dapat meningkatkan risiko sakit perut dan memperparah ambeien. Hindari mengonsumsi daging, hati, ayam, ikan, telur atau berbagai makanan yang digoreng dengan minyak atau mentega.

Mengganti makanan rendah serat dengan makanan tinggi serat adalah salah satu perawatan dan pencegahan agar ambeien tidak kambuh atau bertambah parah. Contoh makanan yang rendah serat adalah kentang, tepung selain gandum, atau nasi putih.

Selain itu, perhatikan asupan garam yang Anda konsumsi. Ini bisa menyebabkan tekanan lebih pada pembuluh darah, termasuk pembuluh darah vena yang menyebabkan wasir bila kadar garamnya tinggi. Mengonsumsi suplemen zat besi juga dapat menyebabkan sembelit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here