Ini kebijakan terbaru YouTube akibat Bird Box Challenge

SOLORAYA.COM – Konten video jahil dan ‘challenge’ viral yang berbahaya tidak memiliki tempat di platformnya. Kebijakan tersebut ditegaskan oleh YouTube, belum lama ini.


Kebijakan ini datang setelah ramainya ‘Bird Box Challenge’ yang partisipannya berkeliling dengan menutup mata mereka, mengikuti karakter dari film tersebut.

Youtube. (Ilustrasi/Pixabay)

Platform video yang dimiliki oleh Google tersebut mengatakan bahwa mereka telah memperbarui panduan komunitas untuk menegaskan bahwa konten video jahil yang berpotensi menimbulkan cedera fisik melanggar kebijakan mereka.

“YouTube adalah rumah dari banyak video jahil dan tantangan viral yang dicintai, tapi kita juga harus memastikan bahwa apa yang lucu tidak melanggar batas dengan menjadi berbahaya,” tulis YouTube dalam blog-nya sebagaimana dilansir DetikNews, Rabu (16/1/2019).

Baca juga  Terancam Hukuman 1 Tahun. Kemenhub Murka Neno Warisman Curhat Pakai Mik Pesawat Lion Air

Selain itu, YouTube juga menegaskan bahwa mereka tidak memperbolehkan video jahil yang membuat seseorang merasa dalam bahaya, walaupun sebenarnya tidak ada ancaman bahaya nyata. Konten yang disebut YouTube melanggar aturan tersebut adalah yang memperlihatkan invasi rumah (home invasion) atau drive-by shooting.

Mereka juga melarang video jahil yang menyebabkan gangguan emosional kepada anak, termasuk semua konten yang dapat membuat anak trauma seumur hidup.

YouTube sendiri dalam beberapa tahun terakhir diramaikan dengan video challenge yang berbahaya. Selain Birdbox challenge, ada juga Tide Pod challenge yang menantang penontonnya untuk memakan paket deterjen berwarna-warni yang terlihat seperti permen.

Untuk diketahui, YouTuber jahil ternama, Jake Paul pun sempat mengikuti Birdbox challenge. Ia dan seorang temannya mencoba menyeberang jalan dan menyetir mobil dengan mata tertutup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here