Daftar pesepakbola korban kecelakaan pesawat, lengkap dengan waktu dan lokasinya

SOLORAYA.COM – Pesawat Piper-P46 Malibu yang ditumpangi Emiliano Sala, pemain baru Cardiff City, hilang di utara laut Alderney, Les Casquete saat terbang dari Nantes, Minggu (20/1/2019) lalu waktu setempat. Kecelakaan pesawat yang memakan korban pesepakbola bukan kali pertama ini terjadi.


Pertama kali, kecelakaan pesawat terbang yang membawa penumpang pesepakbola atau tim sepak bola kali menimpa tim asal Italia Torino FC pada 4 Mei 1949 lalu.

Insiden tim Torino itu dikenal dengan Tragedi Superga karena terjadi di bukti Superga, Turin, Italia. Kala itu tim Torino terbang menggunakan pesawat Fiat G212CP dari maskapai Avio Linee Italiane.

Dikutip dari CNN Indonesia, sebanyak 23 orang di skuat Torino yang terdiri dari 18 pemain dan 5 ofisial menjadi korban dalam insiden itu. Angka tersebut merupakan sebagian besar dari total 31 orang korban.

Sementara kecelakaan pesawat dengan korban terbanyak dari tim sepak bola terjadi pada insiden Chapecoense. Sebanyak 42 orang dari tim asal Brasil itu yang terdiri dari 19 pemain, 14 staf klub, dan 9 orang dewan klub menjadi korban.

Skuat Chapocoense menjadi korban kecelakaan dalam perjalanan dari Bolivia menuju Kolombia pada 28 November 2016. Saat melintasi pegunungan di Kolombia pesawat LAMIA dengan nomor penerbangan 2933 mengalami kecelakaan dan menewaskan 71 orang.

Baca juga  Foto-foto Gunung Semeru pakai topi

Di antara peristiwa kecelakaan pesawat yang melibatkan pesepakbola, yang paling terkenal adalah Munich Air Disaster dengan memakan korban skuat Manchester United yang terkenal dengan sebutan Busby Babes pada 6 Februari 1958.

Dalam peristiwa itu delapan pemain dan tiga staf klub Man United menjadi korban. Ketika itu Setan Merah baru saja melakoni pertandingan Liga Champions dulu bernama Piala Champions melawan klub Yugoslavia, Red Star Belgrade.

Hingga saat ini total ada 12 kecelakaan yang melibatkan pemain atau tim sepak bola. Hampir setiap dekade dunia sepak bola berduka karena kecelakaan pesawat yang kebanyakan terjadi di wilayah benua Eropa, Amerika, dan Samudera Atlantik.

Berikut ini daftar lengkap tim sepakbola yang menjadi korban kecelakaan pesawat, lengkap dengan lokasi dan waktunya :

Sekadar informasi tambahan, Otoritas penerbangan Prancis menyatakan bahwa pesawat pesawat Piper-P46 Malibu hilang kontak di sekitar kepulauan Channel di antara Inggris dan Prancis pada Senin malam.

Setelah melakukan pencarian berhari-hari, polisi akhirnya menghentikannya. Kepolisian dan tim pencari menilai peluang untuk menemukan pemain asal Argentina itu sangat tipis. Mengingat awak pesawat sudah tiga hari hilang di kawasan Selat Inggris yang cuacanya tidak bersahabat.

Kini, lisensi pilot pesawat yang hilang itu tengah disorot. Pilot itu adalah David Ibbotson, dari Crowle, Lincolnshire.

Baca juga  Granat lontar meledak tewaskan satu anak di Bogor, begini kronologinya

Ibbotson sebagaimana dilansir Telegraph memegang lisensi pilot swasta sesuai dengan catatan Administrasi Penerbangan Federal AS. Ia memegangnya sejak 2014.

Lisensi itu mengatur Ibottson dilarang menerbangkan pesawat untuk mencari pendapatan pribadi. Jika pun mengangkut penumpang, bayaran yang diizinkan cuma sekadar mengganti biaya dasar seperti bahan bakar pesawat.

Belum jelas apakah Ibottson mendapat bayaran untuk penerbangan pribadi Sala, Namun agen sang pemain, Mark McKay, mengakui sudah membantu mencarikan pesawat saat pulang dari Cardiff ke Nantes, usai menjalani tes medis, sampai kembali ke klub barunya.

Juru bicara Divisi Investigasi Kecelakaan Udara diklaim akan menyelidiki lisensi Ibbotson. “Kami akan melihat segala aspek operasional, termasuk lisensi,” ujar juru bicara tersebut.

Tragedi hilangnya pesawat ini mengundang perhatian megabintang Barcelona, Lionel Messi. Messi sangat berharap pihak kepolisian Guernsey tetap mencari keberadaan Sala yang sampai saat ini belum diketahui di mana dirinya berada.

“Selama masih ada kemungkinan, seutas harapan, kami meminta Anda (pihak kepolisian) untuk terus mencari Emiliano (Sala). Semoga upaya serta dukungan saya untuk keluarga dan temannya #PrayForSala,” tulis Messi di IG stories-nya, Sabtu (26/1/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here