Buah satu ini ampuh sembuhkan asam urat

SOLORAYA.COM – Anda kena asam urat? Sudah mencoba banyak obat tapi tidak sembuh juga? Atau malah kena efek sampingnya? Ingin mencoba pakai obat alami?

Nah, kalau Anda ingin mencoba obat alami tanpa efek samping, maka mulailah melirik buah plum atau buah prem. Warnanya memang gelap dan tak meyakinkan, tapi jangan tanya khasiatnya.

buah plum. (Pixabay)

Di antara khasiat buah plum, salah satunya unutk mengobati asam urat. Sebuah penelitian di Amerika Serikat bahkan menyatakan bahwa, buah plum bisa menghentikan pelemahan tulang, sekaligus mengatasi permasalah seperti asam urat.

Dan cukup dengan 50 gram sehari, kita bisa merasakan khasiat buah plum yang menakjubkan. Selain itu, buah ini juga bisa mencegah hilangnya massa tulang pada wanita, yang berisiko mengalami osteoarthritis.

Para peneliti mengatakan, makan 50 gram buah plum sehari sama bermanfaatnya dengan mengonsumsi 100 gram buah setiap hari.

“Selama karir saya, saya telah menguji banyak buah, termasuk buah ara, kurma, stroberi dan kismis, dan tidak ada satupun yang mendekati dengan memiliki efek pada kepadatan tulang yang kering, sementara plum, milikinya,” ujar seorang peneliti bekerja pada studi oleh Florida State University, Bahram Arjmandi.

“Semua buah dan sayuran memiliki efek positif pada nutrisi, tetapi dalam hal kesehatan tulang, makanan yang satu ini luar biasa,” tambahnya sebagaimana dilansir Expres.

Komentar Arjmandi muncul setelah penelitian mengungkapkan bahwa plum dapat memperlambat kerusakan tulang, dan mengatasi segala masalahnya.

Baca juga  Daftar kepala daerah yang harus berurusan dengan Bawaslu

Para peneliti menganalisis 100 wanita pascamenopause selama periode 12 bulan. Lebih dari setengah makan sekitar 10 gram buah plum sehari, sementara 45 lainnya memakan 100 gram apel. Lengan dan kepadatan tulang belakang diukur pada akhir 12 bulan.

“Dalam lima hingga tujuh tahun pascamenopause, perempuan berisiko kehilangan tulang pada tingkat tiga hingga lima persen per tahun,” kata Ajmandi.

“Jangan menunggu sampai Anda mengalami patah tulang atau Anda didiagnosis menderita osteoporosis dan harus diberi resep obat. Lakukan sesuatu yang bermakna dan praktis sebelumnya,” tambahnya seperti yang juga dikutip dari blog Bakul.

Arthritis Research UK mengatakan hasilnya menarik, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengkonfirmasi khasiat buah plum.

Gejala osteoarthritis termasuk nyeri sendi, pembengkakan, kekakuan, dan suara kisi atau berderak ketika bergerak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh patah tulang rawan atau bahkan penumpukan asam urat di sekitar sendi.

Berolahraga secara teratur, menurunkan berat badan dan mempertahankan postur yang baik, dapat membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit ini.

Apa itu asam urat?

Penyakit asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh Anda.
Penyakit asam urat terjadi pada sekitar 1 dari 200 orang dewasa. Kondisi ini dapat memengaruhi semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin, tetapi pria lebih mungkin mengalaminya daripada wanita.

Baca juga  Pecinta kucing ini ditipu, rugi Rp 1M lebih

Dalam beberapa kasus, penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya. Gejala asam urat biasanya mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. Dikutip dari laman HelloSehat, gejala yang paling umum adalah nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari, lalu sendi bengkak dan lunak, sendi kemerahan, serta rasa panas di sekitar sendi.

Gejala asam urat biasanya muncul tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar gejala asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari. Namun pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala ini, maka encok yang Anda miliki cukup parah.

Sementara, ada pula yang merasakan gejala encok hingga 6-12 bulan – dalam intensitas yang berbeda tiap harinya. Kondisi ini, cukup parah, dan bila Anda mengalaminya, lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here