Begini kondisi dan foto-foto penampakan CVR kotak hitam Lion Air JT 610

SOLORAYA.COM – Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP akhirnya ditemukan oleh tim Komando Armada (Koarmada) I di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (14/1/2019). Begini foto-foto penampakannya!


Sekadar kilas balik terlebih dahulu, Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Tanjung Karawang pada Senin, 29 Oktober 2018. Sebanyak 189 orang penumpang dan kru pesawat tujuan Pangkalpinang menjadi korban.

CVR Lion Air ditemukan lewat misi pencairan yang melibatkan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dengan mengerahkan KRI Spica-934. CVR Lion Air terdeteksi lewat alat di KRI Spica di koordinat 05 48 46,503 S-107 07 36,728 T di perairan Tanjung Karawang dan dapat diangkat dari kedalaman 30 meter oleh tim penyelam TNI AL.

Dikutip dari DetikNews, sebanyak 18 orang tim penyelam dari Dislambair Koarmada dan 3 personel Kopaska melakukan penyelaman termasuk Serda Satria Margono.

“Kami sudah menyelam selama 7 hari. Kami menyelam di kedalaman 35 meter. Kami meneruskan kegiatan penyelaman di tempat kemarin itu secara circle, mutar di titik kemarin itu. Mungkin jarak sekitar 4-5 meter itu kan dari titik yang ditemukan itu. Kami menemukan kaya serpihan gitu kami ambil, ternyata dapat CVR itu,” ujar Serda Satria di KRI Spica, perairan Karawang, Senin (14/1/2019).

Baca juga  Pengakuan ibu pria asal Muntilan saat anaknya nikah dengan bule aduhai

CVR Lion Air nomor penerbangan JT 610 itu tertimbun dalam lumpur setebal 20 cm. Kondisi arus air lumayan kuat di bawah laut pada pencarian CVR tadi pagi.

“Jarak pandangnya itu 1,5 meter,” sebutnya.

Tim penyelam yang dibagi di beberapa titik mulai menyelam ke perairan Karawang sekitar pukul 08.30 WIB. Pada pukul 08.48 WIB, CVR Lion Air ditemukan.

“Pokoknya ada barang warna oranye kami coba angkat, ya nggak langsung dapat enggak. Kami bongkar terus, bongkar terus dan pas itu kami dapat warna oranye ya CVR itu,” sambungnya.

Kondisi CVR

Saat ditemukan, baterai underwater locator beacon (ULB) pada CVR sudah terlepas. Tapi kondisi CVR Lion Air masih baik.

Setelah ditemukan, CVR langsung dibawa ke kantor Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Pengeringan CVR hingga pengunduhan data diperkirakan sekitar 3-5 hari.

Baca juga  Sempat terhalang lumpur pekat, CVR Lion Air JT 610 akhirnya ditemukan

“Dengan ditemukan CVR, maka selanjutnya akan diproses di fasilitas black box KNKT melalui proses pengeringan pembersihan dan selanjutnya pengunduhan data dari CVR. Kita harap proses ini memakan waktu 3-5 hari, kita harapkan sudah bisa mengunduh data dalam black box,” ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (14/1/2019).

Sedangkan analisis atas data CVR, menurut Soerjanto, bergantung pada kompleksitas data.

“Tergantung kompleksnya sampai sejauh mana kompleksitas dan masalah-masalah human factor terkait masalah situasi kokpit. Mudah-mudahan tidak terlalu lama,” harapnya.

Foto-foto

Guna melengkapi informasi ini, berikut ini kami bagikan foto-foto penampakan CVR tersebut yang merupakan dokumentasi dari Pushidrosal TNI Angkatan Laut :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here