939 Juta surat suara mulai diproduksi, ini rincian selengkapnya!

SOLORAYA.COM – Sebanyak 939.879.651 lembar surat suara yang akan dipakai dalam Pemilu 2019 mulai diproduksi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ada 6 konsorsium di 3 provinsi yang bakal mencetak surat suara tersebut, yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.


Berikut rinciannya termasuk jumlah surat suara yang akan dicetak masing-masing konsorsium tersebut:

Ilustrasi. (Pixabay)

DKI Jakarta
1. Konsorsium PT Aksara Grafika Pratama sebanyak 68.176.374 lembar
2. Konsorsium PT Balai Pustaka sebanyak 139.894.529 lembar
3. Konsorsium PT Gramedia sebanyak 292.019.984 lembar

Jawa Timur
4. Konsorsium PT Temprina Media Grafika sebanyak 255.019.544 lembar
5. Konsorsium PT Puri Panca Pujibangun sebanyak 107.714.950 lembar

Sulawesi Selatan
6. Konsorsium PT Adi Perkasa Makassar sebanyak 77.054.270 lembar

Masing-masing konsorsium itu memiliki percetakan dengan perusahaan yang berbeda-beda. Total lokasi percetakan untuk surat suara adalah 35 titik.

Baca juga  Terancam Hukuman 1 Tahun. Kemenhub Murka Neno Warisman Curhat Pakai Mik Pesawat Lion Air

“Hari ini adalah hari percetakan surat suara perdana dan hari ini juga kita serentak di Makassar, di Surabaya, dan di Jakarta,” ucap Komisioner KPU Ilham Saputra saat mengecek proses percetakan dari Konsorsium PT Gramedia di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Barat, Minggu (20/1/2019).

Lebih lanjut Ilham menegaskan bahwa tidak ada surat suara yang dicetak di luar negeri.

“Kami tegaskan tidak ada surat suara yang dicetak di China, enggak ada. Semua di Indonesia, tidak ada yang di China. Ini untuk memastikan kualitas, sesuai nilai kontrak kita,” kata Ilham.

PT Gramedia kata Ilham, memimpin kerja sama operasi (KSO) dengan anggota PT Medan Media Grafika (Medan), PT Bawen Mediatama (Semarang), PT Antar Surya Jaya (Surabaya), PT Bosowa Media Grafika (Makassar) dan PT Pura Barutama (Kudus).

Baca juga  Jessica Mila, Nabilah Ayu, Citra Prima dan Bianca Hello ajak penggemarnya di Soloraya nonton bareng "Mata Batin 2"

Direktur Gramedia Printing Group Hari Susanto mengatakan, dari jatah 292.019.984 lembar surat suara yang menjadi tanggung jawab konsorsium itu, PT Gramedia akan mencetak 138 juta lembar surat suara.

“Jumlah tersebut masih bisa menyesuaikan dengan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang ditetapkan KPU,” ucap Hari sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Proses percetakan akan selesai pada bulan Maret 2019. Surat suara yang dicetak terdiri dari lima model yaitu surat suara untuk pemilihan presiden-wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here