Cara pesan tiket Pramex melalui KAI Access

SOLORAYA.COM –  Kereta Api Prambanan Ekspres (KA Pramekes) hingga saat ini masih menjadi salah satu pilihan moda transportasi masyarakat yang ingin bepergian dari Solo ke Yogyakarta dan Kutoarjo, serta sebaliknya. Nah, mulai besok Jumat 1 Februari 2019, tiket KA lokal tersebut mulai dapat dibeli secara online .

Instagram

Adapun pemesanan atau pembelian tiketnya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kabar tersebut diungkapkan Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional 5 Purwokerto Supriyanto, Rabu (30/1/2019) malam.

“Satu lagi fasilitas dari aplikasi KAI Access yaitu bisa untuk pesan atau pembelian tiket KA lokal Prambanan Ekspres,” kata Supriyanto.

Pemesanan tiket KA Prameks, lanjut dia, dapat dilakukan mulai tujuh hari hingga 5 menit sebelum keberangkatan kereta.

“Pembelian tiket KA Prameks dalam satu kali transaksi hanya satu tiket, dan dalam satu hari dibatasi maksimal 15 kali transaksi,” ujar Supri.

Baca juga  Kunci gitar dan lirik lagu "Hai Tayo" bahasa Indonesia dan Korea

“Anak usia tiga tahun sudah wajib membeli tiket,” kata Supri.

Cara pemesanan
Nah, ini dia cara memesannya.

  1. Calon penumpang diwajibkan untuk mempunyai aplikasi KAI Access apabila ingin membeli tiket KA Prameks secara online.
  2. Daftarkan akun pada aplikasi KAI Access menggunakan nomor telepon atau e-mail dan password.
  3. Pilih menu “local train” dan lakukan pemesanan. Pastikan memilih tanggal keberangkatan dengan benar.
  4. Setelah berhasil melakukan transaksi pembelian tiket KA, akan muncul nama dan nomor identitas pemilik akun pada halaman data e-ticket.
  5. Pembayaran dapat dilakukan melalui e-wallet (dompet elektronik) dengan batas waktu pembayaran tergantung dari e-wallet yang dipilih.
  6. “Sebagai contoh, untuk pembayaran dengan t-Cash saat ini masuk halaman login hingga menerima OTP (perintah bayar) sekitar 60 detik,” ujar Supriyanto.

Pembatalan
Pembatalan dan pengubahan jadwal tiket KA Prameks hanya dapat dilakukan di loket tiket stasiun. Hal yang perlu diperhatikan, penumpang yang telah melakukan proses pembatalan pengubahan jadwal, maka e-ticket pada aplikasi KAI Access dinyatakan tidak berlaku dan tidak valid.

Baca juga  100 Gambar animasi bergerak 'Valentine's Day' paling asyik, unik, cantik, lucu dan menggemaskan

Boarding Penumpang yang melakukan pembelian tiket melalui KAI Access hanya perlu menujukkan e-ticket atau bukti transaksi yang akan muncul di menu “Trips” kepada petugas. Petugas akan melakukan proses boarding dengan memindai atau memindai/melakukan scan e-ticket, serta valiadi visual dengan mencocokkan e-ticket dengan bukti kartu identitas asli calon penumpang.

“Penumpang yang menggunakan e-ticket akan diperiksa oleh kondektur, dan masing-masing penumpang diperiksa dengan cara menyentuh layar smartphone untuk memastikan barcode penumpang berdetak dan pastikan e-ticket sesuai dengan perjalanan kereta apinya,” kata Supri sebagaimana dilansir Kompas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here