Wonosobo diguncang gempa

SOLORAYA.COM – Wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat malam diguncang dengan gempa berkekuatan 2,8 Skala Richter (SR), Jumat (14/12/2018).

Gempa bumi yang terjadi pada pukul 20.14.50 WIB tersebut terjadi di koordinat episenter 7.35 derajat lintang selatan (LS) dan 109.79 derajat bujur timur (BT).

Ilustrasi Gempa. (BMKG)

Sebelumnya, pada 10 Desember 2018 wilayah Kabupaten Wonosobo juga diguncang gempa bumi dengan kekuatan 2,7 SR. Pusat gempa bumi berada di koordinat 7.42 derajat LS dan 109.87 derajat BT atau 7 kilometer sebelah barat daya Wonosobo,

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara,Setyoajie Prayoedhie menjelaskan gempa berlokasi di darat pada jarak 13 kilometer arah barat laut Wonosobo (11 kilometer selatan Dieng) Jateng pada kedalaman 9 kilometer.

Baca juga  Detik-detik lengkap menegangkan saat Mapolsek Ciracas dirusak hingga terbakar

Guncangan gempa itu juga dirasakan sebagian warga di Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara.

Ia menambahkan jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hingga pukul 20.45 WIB, katanya, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here