Suara misterius di langit Pantura terkuak, begini penjelasan AirNav Indonesia

SOLORAYA.COM – Dua hari lalu suara misterius yang meraung-raung di udara wilayah Pantura bikin heboh dan perdebatan. Namun, hal itu akhirnya terkuak setelah pihak AirNav Indonesia memberikan penjelasan.

Penyebab suara itu yakni dari pesawat Antonov An-12BP yang melintas. “Itu pesawatnya terbangnya rendah, sesuai flight plan menuju ketinggian 25.000. Nah, terus saat itu dia itu masih menuju 25.000, karena dini hari jadi suaranya terdengar,” kata Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes Harry Sirait, Minggu (16/12/2018).

pesawat antonov. (Ukraina Airlines)

Pesawat Antonov An-12BP memiliki 4 baling-baling sehingga mengeluarkan suara yang terbilang keras. Berbeda dengan pesawat penumpang, Antonov An-12BP adalah jenis kargo yang berat sehingga proses menuju ketinggian 25.000 kaki atau lebih memerlukan waktu yang lebih lama.

Pesawat itu kata Yohanes, terbang dari Jakarta (CGK) menuju Melbourne, Australia. Tentu saja pesawat Antonov An-12BP milik maskapai Ukraine Air Alliance itu sudah mengantongi izin untuk terbang di wilayah Indonesia.

Baca juga  Ledakan di Mal Taman Anggrek, 6 orang jadi korban

“Biasanya yang pakai macam-macam, itu dia untuk kargo dan yang lain, kayak Hercules gitu,” tutur Yohanes sebagaimana dilansir DetikNews.

Ukraine Air Alliance memuat tulisan bahwa, pesawat Antonov An-12BP didesain untuk mengangkut orang, barang dan peralatan militer hingga 6.000 km. Pesawat ini juga bisa dioperasikan di penugasan khusus.

Maskapai tersebut memiliki 7 pesawat yang seluruhnya adalah Antonov An-12BP. Maskapai itu melayani pengangkutan benda-benda spesial, berukuran besar, berat, mahal, pecah belah hingga mudah rusak. Selain itu juga melayani pengangkutan perlengkapan militer atau penggunaan ganda sipil-militer dan kargo diplomatik.

Sementara itu pihak TNI AU menilai asal suara meraung-raung yang didengar warga bukanlah pesawat Antonov An-12BP. Menurut Kadispenau Marsekal Pertama Novyan Samyoga berpendapat suara meraung-raung yang didengar warga bukan dari pesawat Antonov An-12BP. Namun Novyan memang tak menampik apakah pesawat itu melintas di wilayah udara RI atau tidak.

Baca juga  Ini peringatan dini tsunami di Pantai Barat Provinsi Banten dari BMKG

“Lagipula, mana bisa dibedakan itu suara Antonov atau Boeing atau Airbus. Sekali lagi hanya superman yang bisa (mendengarkan suara pesawat terbang tinggi),” kata Novyan, Sabtu malam (15/12).

Sekadar kilas balik, suara bising meraung-raung didengar warga Pekalongan, Jawa Tengah sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat (14/12). Rupanya warga Kabupaten Semarang juga mendengar suara serupa. Dilihat dari situs Flight Radar 24, pada pukul 05.40 PM UTC atau 00.40 WIB, Jumat (14/12), pesawat Antonov An-12BP dengan nomor registrasi UR-CGW melintas di langit Purwakarta, Jawa Barat, pada ketinggian 15.350 kaki.

Manchester Evening News pernah memberitakan pula bahwa pesawat Antonov An-12 ternyata juga pernah bikin heboh warga Manchester, Inggris. Peristiwa itu terjadi pada September 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here