Pesawat GA-502 balik ke Bandara Soetta gara-gara bau asap masuk kabin

SOLORAYA.COM – Setelah lima menit lepas landas, pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA-502 rute Jakarta-Pontianak kembali ke Bandara Soekarno-Hatta, Senin (3/12/2018). Keputusan pilot pesawat untuk Return to Base (kembali ke bandara) gara-gara tercium bau asap masuk di kabin pesawat tersebut.

Sedianya pesawat berangkat pukul 08.15 WIB dan tiba di Bandar Udara Supadio, Pontianak pada pukul 10.05 WIB. Para penumpang akhirnya diberangkatkan dengan pesawat lainnya sektiar pukul 11.00 WIB.
Ilustrasi Garuda Indonesia. (Instagram)

“Pilot yang memutuskan untuk kembali ke bandara dengan alasan keamanan,” ujar Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan, kepada CNNIndonesia.com, Senin (3/12).

Ikhsan memastikan tak ada sumber api yang terdeteksi dari mesin pesawat. “Dan pesawat telah dilakukan pengecekan sebelumnya, laik terbang,” kata Ikhsan menegaskan.

Ikhsan menjelaskan, hingga saat ini pesawat dalam pemeriksaan lebih lanjut petugas. “Terakhir informasi yang kami dapat, kargo dan bagasi juga aman. Tidak ada sesuatu yang di luar normal,” ujarnya sebagaimana dikutip CNN Indonesia.

Sekadar informasi tambahan, Garuda kembali mengoperasikan rute penerbangan langsung Jakarta- London pulang pergi mulai 13 Desember 2018 setelah sempat satu bulan terhenti.

Penerbangan langsung Jakarta-London pp dioperasikan tiga kali seminggu setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu. Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, pembukaan kembali rute penerbangan langsung Jakarta-London pp tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan dalam memperkuat jaringan penerbangan internasional.

Garuda secara khusus menyediakan akses konektivitas langsung dari Jakarta ke Bandara Internasional London Heathrow (LHR) melalui layanan konfigurasi armada dual class yang terdiri dari kelas ekonomi dan bisnis. Selaras dengan komitmen strategis bisnis terbarukan dijalankan perusahaan bertajuk “Quick Wins Garuda Indonesia”, dibukanya kembali rute penerbangan Jakarta-London pp ini tentunya menjadi capaian tersendiri bagi Garuda Indonesia sejalan dengan komitmen peningkatan kinerja melalui pembenahan “cost structure”.

“Hal itu terus menunjukkan pencapaian positif yang salah satunya dibuktikan dengan dapat kembali dibukanya rute penerbangan langsung Jakarta-London,” ujarnya sebagaimana dilansir Kompas.

Kembali beroperasinya layanan penerbangan ini juga menjadi langkah positif Garuda Indonesia dalam upaya peningkatan kinerja maskapai khususnya melalui strategi pengembangan jaringan penerbangan internasional khususnya penerbangan Inggris-Indonesia yang terus menunjukkan pertumbuhan pasar yang semakin menjanjikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here