Mengenal Ole Gunnar Solskjaer, pengganti Mourinho di MU

SOLORAYA.COM – Manchester United akhirnya mengumumkan siapa pengganti Jose Mourinho yang dipecat pada Selasa, 18 Desember 2018 kemarin. Tim berjuluk Setan Merah ini akhirnya memasang sosok yang bakal menjadi manajer sementara.

Sesuai dengan bocoran, sosok caretaker yang dipilih adalah Ole Gunnar Solskjaer.
Dalam pengumumannya, MU menyatakan Solskjaer akan menangani tim sampai akhir kompetisi. Dia pun bakalan langsung bertugas secepatnya.

Ole Gunnar Solskjaer. (Getty Images)

“Solskjaer akan menangani tim sampai akhir musim. Dia segera bertugas sementara klub melakukan pencarian terhadap pelatih baru untuk waktu penuh,” tulis pihak MU di situs resminya.

Di MU, Solskjaer akan dibantu Mike Phelan, dan dua pelatih lain, Michael Carrick serta Kieran McKenna.

“MU selalu di hati saya dan luar biasa bisa kembali di posisi seperti sekarang. Saya tidak sabar bekerja dengan tim yang bertalenta,” ungkap Solskjaer sebagaimana dilansir VivaNews.

Pria yang dijuluki Baby Face Assasin ini memang bukan orang asing bagi MU. Dia merupakan bagian dari generasi emas pada pertengahan 90-an yang ikut membawa tim merebut Treble Winners pada 1999.

Ole Gunnar Solskjær lahir di Kristiansund, 26 Februari 1973. Dirinya dikenal juga sebagai mantan pemain sepak bola Norwegia, yang menghabiskan sebagian besar kariernya bermain untuk Molde, terutama sebagai striker, tetapi juga sebagai pemain sayap. Dia sempat menjabat sebagai manajer sepak bola, saat ini bertanggung jawab atas Cardiff City.

Baca juga  Fakta-fakta sosok pengusaha kaya raya pemesan Vanessa Angel

Sebelum kedatangannya di Inggris, Solskjær bermain untuk klub Norwegia Molde dan Clausenengen. Dia bergabung dengan Manchester United pada tahun 1996, dengan biaya transfer £ 1,5 juta.

Ole bermain 366 kali untuk United, dan mencetak 126 gol selama periode sukses bagi klub. Dia dianggap sebagai “super sub” untuk sifat nya datang dari bangku pengganti untuk mencetak gol terlambat.

Momen Solskjær di sepak bola datang di injury time dari Final Liga Champions UEFA 1999, di mana ia mencetak gol kemenangan di menit terakhir melawan Bayern Munich, menyelesaikan comeback luar biasa dan memenangkan The Treble untuk United.

Solskjær memutuskan untuk pensiun pada tahun 2007, setelah mengalami cedera berkepanjangan. Dan melanjutkan kariernya di dunia sepak bola sebagai pelatih di akademi Manchester United. Hingga kemudian pada tahun 2010 diangkat sebagai pelatih klub Norwegia Molde dan membawanya menjuarai Liga Norwegia untuk pertama kali.

Kini ia mengambil alih kepemimpinan Manchester United sebagai manajer tim saat klub berjuluk Red Devils ini menempati peringkat keenam Liga Primer Inggris 2018-19 yang sudah memasuki pekan ke-17.

“Manchester United ada di dalam hati saya dan adalah hal yang brilian untuk kembali klub dalam peran ini,” kata bintang olahraga dari Norwegia ini.

Baca juga  Kisah model kayaraya yang kini jadi gelandangan gara-gara jadi korban suami matre

“Saya benar-benar menyambut dengan antusias untuk bekerja bersama skuad yang sangat berbakat yang kami miliki, staf, dan semua yang ada di klub,” Solskjaer melanjutkan.

Solskjaer baru pada awal Desember 2018 ini menandatangani kontrak baru sebagai manajer klub Molde di Liga Norwegia. Di Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer akan didukung Mike Phelan, yang kembali pada posisi sebagai asisten manajer ketika bersama Sir Alex Ferguson.

Michael Carrick dan Kieran McKenna, yang menjadi bagian dari tim kepelatihan Mourinho akan melanjutkan kerjanya di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Pertandingan pertama bagi Solskjaer memimpin Manchester United adalah melawan mantan klub yang diasuhnya, Cardiff City, pada Sabtu 19 Desember 2018.

Meski Solkjaer gagal saat menangani Cardiff pada 2014 sehingga terdegradasi ke divisi Championship dan dipecat, tapi Wakil Ketua Eksekutif Manchester United, Ed Woodward, menyambut dengan suka cita kehadiran Solskjaer di Old Trafford sebagai manajer.

“Ole adalah salah satu legenda klub ini dengan pengalaman yang banyak di lapangan dan dalam peran sebagai pelatih,” kata pengurus teras Manchester United ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here