Ini penyebab Eril Dardak yang juga caleg PAN meninggal

SOLORAYA.COM – Adik Bupati Trenggalek Emil Dardak, Eril Arioristanto Dardak (21) ALIAS Eril Dardak ditemukan meninggal di kamar indekos di Bandung. PAN (Partai Amanat Nasional) menyampaikan ungkapan duka cita karena Eril sendiri merupakan caleg dari partai berlambang matahari tersebut.

“Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Saya sekeluarga dan seluruh keluarga besar PAN sangat terpukul dan berduka dengan wafatnya almarhum Eril Dardak,” kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo, Kamis (13/12/2018).

(Eril Dardak semasa hidup. (Instagram)

Dradjad mengatakan kabar meninggalnya Eril mengagetkan. Ia mendoakan Achmad Hermanto Dardak–ayah Eril–diberikan ketabahan.

Hermanto Dardak merupakan eks Wakil Menteri Pekerjaan Umum era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Kepergian yang sangat mengagetkan. Semoga keluarga besar mas Hermanto Dardak, mantan Wamen PU dalam pemerintahan Pak SBY, diberi ketabahan dalam menghadapi musibah ini,” ujar Dradjad.

“Mengenai penyelidikan aparat kepolisian, heliox (helium dan oksigen) memang salah satu terapi untuk asma. Tapi saya mengajak aparat dan semua pihak, mari kita memberikan keluarga Mas Dardak privasi dalam suasana kesedihan ini,” imbuhnya sebagaimana dilansir Liputan6.

Eril maju sebagai caleg DPR RI nomor urut 1 dari PAN Dapil VII Jawa Timur. Dradjad menduga Eril merupakan caleg termuda PAN yang maju untuk DPR RI.

Baca juga  PA 212: Aparat Kurang Manusiawi Persekusi Neno Warisman

“Saya tidak tahu apakah almarhum yang termuda untuk semua jenjang. Kalau untuk caleg DPR RI sepertinya iya (termuda),” tuturnya.

Duka yang sama juga disampaikan oleh Wasekjen PAN, Faldo Maldini. Dia mengatakan partainya kehilangan sosok yang berpotensi menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Apalagi, Eril merupakan caleg termuda yang memiliki latar intelektual.

“Saya ucapkan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Mas Eril Dardak. Beliau salah satu caleg termuda PAN, yang memiliki latar intelektual dan profesional,” ujar Faldo.

“Kami di PAN merasa sangat kehilangan sosok yang berpotensi besar menjadi salah satu pemimpin bangsa di masa depan,” imbuhnya.

Punya riwayat asma
Misteri penyebab kematian Eril perlahan mulai terungkap. Muncul dugaan ia meninggal karena penyakit yang diidapnya.

“Penyebabnya sakit, karena dia punya riwayat asma, tapi untuk keterangan jelasnya kami masih belum tahu karena belum bisa komunikasi langsung dengan keluarga,” ujar asisten Eril, Iwan.

Baca juga  WNI dikabarkan meninggal di Malaysia setelah digigit anjing

Hal senada disampaikan Ketua DPD PAN Trenggalek Imam Muslichudin. Menurutnya, Caleg DPR RI nomor urut 1 PAN Dapil VII Jatim itu sempat terlihat membawa inhaler, pereda sesak napas yang kerap dialami pengidap asma.

Imam melihatnya saat beberapa kali menemani pemuda berusia 21 tahun itu melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Trenggalek.

“Secara fisik memang sehat dan tidak ada apa-apa, tapi waktu itu saya sempat tahu dan tanyakan bawa alat semprot itu. Pas saya tanya punyanya siapa, dia jawab punya saya,” ujar Imam seperti yang diberitakan DetikNews.

Eril ditemukan sudah tak bernyawa di kamar indekosnya di Jalan Dago Asri I No 25 Kota Bandung pada Rabu (12/12/2018) siang. Saat itu petugas kebersihan mengetuk kamar Eril sebanyak tiga kali namun yang bersangkutan tidak merespons.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here