Info grafis lengkap cara amankan listrik saat musim hujan

SOLORAYA.COM – Meskipun belum merata, musim hujan kali ini sudah mulai terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Maka tidaklah mengherankan jika kita perlu waspada terhadap kondisi listrik saat musim hujan, belum lagi kalau terjadi banjir.

Bukan tanpa alasan, kejadian korsleting listrik merupakan hal yang berisiko pada saat musim hujan dan terjadi banjir.

Nah, ini dia imbauan PT PLN (Persero) agar masyarakat mengantisipasi bahaya listrik saat banjir, lengkap dengan info grafisnya :

Jika mengalami banjir, hal pertama yang harus dilakukan adalah matikan instalasi listrik. Setelah itu jangan lupa untuk mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak. Bila air cukup tinggi, naikkanlah alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

Baca juga  Sam Aliano Jadi Tersangka, Ini Komentar Nikita Mirzani

PLN juga akan memadamkan listrik apabila rumah pelanggan terendam air dan gardu distribusi terendam air. Apabila aliran listrik yang terkena banjir tidak segera padam, segera hubungi Call Center PLN 123. Hubungi juga instansi terkait penanggulangan bahaya banjir.

Apabila banjir telah surut, masyarakat diminta untuk memastikan semua peralatan elektronik serta instalasi listrik dalam keadaan kering agar tidak terjadi korsleting listrik atau bahkan menyebabkan timbulnya percikan api. Penormalan listik akan dilakukan apabila instalasi listrik dipastikan kering.

Nah, ini dia info selengkapnya:

(Instagram/PLN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here