Haul Habib Ali, ini infografis lengkap pengalihan arus lalulintas di Kota Solo

SOLORAYA.COM – Selain dikenal dengan ragam kulinernya yang aduhai, Kota Solo juga dikenal dengan wisata religi Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi yang digelar di Masjid Ar Riyadh Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon yang dihelat setiap tahunnya.

Ratusan ribu jamaah diperkirakan bakal menghadiri Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi yang akan digelar selama tiga hari, yakni Jumat (28/12/2018) pada pukul 14.00 WIB hingga Minggu (30/12/2018) mendatang.

Haul pengarang kitab Maulid Nabi Muhammad Simthudhuror ini diperingati setiap 20-21 Rabiul Akhir tahun Hijriah.

“Ini merupakan peringatan hari meninggalnya sang ulama termasyur asal Yaman, Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi,” jelas Abdullah AA, politisi yang juga tokoh masyarakat setempat.

Ia memperkirakan akan ada ratusan ribu jemaah yang berdatangan tak haya warga lokal saja. Selain Solo, ada juga beberapa negara seperti Yaman, Arab Saudi, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand juga berdatangan. “Kami tidak mengundang tapi mereka datang sendiri,” imbuhnya.

Untuk memperlancar arus lalu lintas, di tengah kondisi yang sepadat itu, Dinas perhubungan Kota Surakarta telah merilis Manajemen dan Rekayawsa Lalulintas dan telah dibagikan di media sosial.

Nah, berikut ini manajemen dan rekayasa lalu lintas tersebut sebagaimana yang kami kutip dari admin akun resminya:

1.Jl.Kapten Mulyadi ditutup dari simpang Sangkrah s/d Baturono
2.Filter penutupan Jl.Kapten Mulyadi mulai simpang 3 Loji wetan
3.Jl.Slamet Riyadi, ruas Gladag-balaikota diberlakukan 2 arah dengan pembatas barikade
4.Arus lalu lintas dari Gladag ke momongan diwajibkan belok kiri ke Jl.Tos Sudarso

Baca juga  Pegawai KPK diserang saat tugas penyelidikan, begini kronologi versi polisi dan Ketua DPR Papua

Selengkapnya silakan simak infografis berikut ini :

Habib Ali Al-Habsyi lahir di Desa Qosam, Hadramaut (Yaman) pada hari Jum’at, 24 Syawal 1259 Hijriyah bertepatan dengan 1839 Masehi. Beliau diberi nama Ali oleh Sayyid Abdullah bin Husein bin Tohir untuk mengambil berkah dari Sayidina Ali Kholi’ Qosam.

Ibunda beliau, Sayidah Alawiyah binti Husein bin Ahmad Al Hadi Al Jufri berasal dari Kota Syibam, adalah seorang yang sangat gemar mengajar dan berdakwah, dan memiliki banyak karomah. Ayahanda beliau, Habib Muhammad bin Husein Al Habsyi (lahir 18 jumadil akhir 1213 H) adalah Mufti Haramain Makkah di masanya.

Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi, disebut-sebut sebagai “wali qutub” karena besarnya pengaruh dan ketinggian ilmunya. Banyak ulama mengatakannya sebagai pemimpin para wali di masanya. Habib Ali Al-Habsyi dikenal sebagai seorang muallif (pengarang) Kitab Maulid Simthud Duror yang sering dibaca dalam setiap peringatan Maulid Nabi.

Nasabnya yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu keistimewaan Habib Ali. Tak heran jika banyak ulama di dunia termasuk Indonesia hormat dan mengaguminya.

Baca juga  Ini foto-foto lengkap mempelai pria pakai baju pengantin motif Doraemon yang lagi viral

Acara Haul Habib Ali banyak disebut orang jadi acara “Haul Solo”. Acara ini selalu menjadi pusat perhatian ulama di Indonesia dan Negara tetangga.

Secara bahasa haul adalah setahun. Sedangkan secara istilah adalah peringatan satu tahun meninggalnya seseorang. Haul merupakan tradisi tahunan yang dilakukan mayoritas umat muslim Indonesia untuk mengenang jasa-jasa ulama, kiai, tokoh masyarakat dan anggota keluarga.

Kehadiran ulama dari berbagai penjuru daerah dan luar negeri menjadi salah satu daya tarik haul ini. Adapun ulama yang kerap menghadiri acara haul ini di antaranya Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Pekalongan), Habib Jindan bin Novel, Habib Ahmad bin Novel (Tangerang), Habib Syech Abdul Qadir Assegaf (Solo). Bahkan Tuan Guru Bajang, Muhammad Zainul Majdi (Nusa Tenggara Barat).

Jamaah haul juga datang dari berbagai daerah mulai Papua, Kalimantan, Palembang, Medan, Aceh, Sabang, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan lainnya. Bahkan ada jamaah dari luar negeri seperti Yaman, Saudi Arabia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here