Detik-detik lengkap amblesnya Jalan Gubeng dan foto-fotonya, lengkap!!

SOLORAYA.COM – Jalan Raya Gubeng Surabaya ambles pada Selasa Selasa (18/12/2018) malam tadi. Begini detik-detik mengejutkan amblesnya jalan tersebut berikut foto-foto penampakannya setelah ambles.

Pantauan di lokasi, nampak di jalan itu terdapat lubang menganga lebar, di dalamnya ada pula kendaraan yang terperosok.

Diperkirakan, lubang tersebut mencapai kedalaman sekitar 8 meter dengan panjang 25 meter.

“Benar ada jalan amblas di sekitar RS Siloam,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijanto di Surabaya, Selasa (18/12).

Eddy memastikan tidak ada korban jiwa atas amblasnya Jalan Gubeng. Dia pun mengaku belum bisa memastikan penyebab amblasnya Jalan Gubeng tersebut.

“Ini kami masih cek. Untuk saat ini kami belum bisa memberikan keterangan,” katanya.

Dugaan sementara menurut Eddy jalan amblas disebabkan oleh pembangunan di dekat jalan tersebut.

“Di sekitar itu ada pembangunan. Kemungkinan cara mengeruknya dengan menggunakan semprotan air sampai dalam sehingga membuat jalan amblas,” katanya.

Arus lalu lintas di Jalan Raya Gubeng pun padat dan macet. Banyak pengendara yang tertahan di ruas itu.

Baca juga  Wartawan dapat intimidasi saat rekam aksi copet di acara Munajat 212

Untuk saat ini, kata dia, pihaknya bersama pihak terkait seperti Satlantas Poltestabes Surabaya dan Dinas Perhubungan Surabaya masih melakukan penjagaan di area tersebut.

“Untuk sementara arus lalu lintas dialihkan ke jalan lain,” ujar Eddy sebagaimana dilansir AntaraNews.

Kronologi

Suara gemuruh terdengar dan tiang-tiang bergoyang sesaat sebelum Jalan Gubeng Surabaya amblas. Hal itu diungkapkan oleh warga sekitar, Tri (50), yang menyaksikan kejadian itu.

Tri mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 21.45 WIB, Selasa (18/12) malam. Sebelum amblas Tri mendengar suara gemuruh.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi, menduga amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, ada kesalahan pelaksanaan konstruksi proyek oleh PT NKE. Pemkot Surabaya akan mendatangkan ahli dan penanggung jawab dari Jakarta.

“Ada dugaan kesalahan dalam pelaksanaan konstruksi. Jadi kita besok kita pastikan dengan tenaga ahli dan penangungjawabnya dari Jakarta,” kata Eri Cahyadi sebagaimana dilansir DetikNews.

Lebih lanjut Eri Cahyadi menjelaskan dugaan saat ini ada kesalahan konstruksi itu, dinding penahan jalan atau retaning wall tidak mampu menahan beban sehingga menyebabkan ambles.

Baca juga  Ini video penampakan hujan es batu di Thamrin City dan penjelasan lengkap dari BMKG

“Retaning wall-nya itu tidak bisa menahan beban. Sehingga ini yang roboh dan menarik tanah yang berada di bawah. Sedangkan untuk yang di permukiman itu sudah dikongkretkan sebelah kanan-kirinya, makanya tidak ada masalah. Makanya besok kita pengen melakukan pengecekan. Sebenarnya apa sih masalahnya,” ungkap Eri.
Setelah kejadian ini, langkah Pemkot Surabaya akan menghentikan saluran air PDAM di kawasan Jalan Raya Gubeng.

“Kita akan menghentikan saluran PDAM jangan sampai keluar terus. Kemudian untuk saluran yang putus tadi akan kita alihkan salurannya dengan menarik menggunakan pompa-pompa. Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk penerangan yang tadi sempat mati,” ungkap Eri.

Sedangkan untuk mempermudah proses pengecekan dan antisipasi masyarakat yang mendekat. Pihak pemkot akan menutup lubang tanah yang ambles.

Berikut ini foto-foto penampakan amblesnya jalan tersebut yang dikutip dari beberapa postingan di media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here