Begini penjelasan Telkomsel terkait jaringan internetnya yang lumpuh di Sumatera

SOLORAYA.COM – Jaringan internet Telkomsel di sebagian wilayah Sumatera lumpuh pada Kamis (6/12/2018). Telkomsel pun meminta maaf atas gangguan layanan data tersebut dan memberikan penjelasan lengkapnya tentang penyababnya.

Untuk diketahui terlebih dahulu, sejumlah warganet komplain melalui akun Twitternya dengan tagar #Telkomseldown. Mereka menanyakan jaringan internet yang dipakainya telah putus.

Ilustrasi. (Instagram)

#telkomsel #telkomseldown Tolong dong jaringan telkomsel diperbaiki secepatnya. Terlebih di Sumatera Utara, Medan, aktivitas menggunakan internet jadi terhambat! Percuma dong dibayar mahal-mahal tapi tetap mengecewakan! @Telkomsel Kira-kira masalah ini kelar pada pukul berapa? 😌,” kata ALDI ART

Kapan perbaikannya selesai??? Udah hampir 6 jam tanpa jaringan dan tanpa konfirmasi serta pemberitahuan,” tulis pemilik akun bernama M.

Telkomsel minta maaf

Disebutkan, gangguan layanan data terjadi di wilayah operasional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng).

“Telkomsel memohon maaf atas ketidaknyamanan layanan internet yang dirasakan pelanggan,” kata Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera Hadi Sucipto.

Hadi sebagaimana dilansir Liputan6 juga menyebutkan, Telkomsel tengah berupaya maksimal agar layanan bisa berfungsi normal, sehingga pelanggan bisa menikmati layanan data Telkomsel.

Baca juga  Harimau Gunung Lawu teror warga Jatiyoso

“Secara berkesinambungan, Tim Telkomsel akan tetap berupaya dan memastikan agar layanan kepada pelanggan tetap terjaga,” tuturnya.

Sebagian pulih, sebagian recovery

Meskipun demikian, per pukul 19.00 WIB tadi, Telkomsel mengungkapkan kalau jaringan di Sumatera Bagian Tengah sudah pulih.

Dengan demikian, pengguna operator yang identik dengan warna merah tersebut sudah bisa mengakses internet kembali.

Namun, Telkomsel mengatakan kalau jaringan di Sumatera Bagian Utara masih dalam tahap pemulihan (recovery) yang artinya belum sepenuhnya bisa digunakan.

“Saat ini gangguan layanan data di wilayah Sumatera Bagian Tengah telah pulih. Upaya recovery terus dilakukan untuk wilayah Sumatera Bagian Utara,” terang VP ICT Network Management Telkomsel Area Sumatera Awal R Chalik dalam keterangan resminya.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini,” tambahnya.

Penyebab
Selain meminta maaf, Telkomsel juga menjelaskan secara rinci penyebab dari lumpuhnya jaringan internet di wilayah Sumatera Tengah dan Sumatera Utara.

Baca juga  "Pagi-Pagi Pasti Happy" TransTV distop KPI

Bukan karena fiber optik yang putus, VP ICT Network Management Telkomsel Area Sumatera Awal R Chalik mengungkap, hal itu disebabkan karena gangguan layanan data.

“Telah terjadi gangguan layanan data di wilayah Sumatera Tengah dan Sumatera Utara akibat gangguan di sistem perangkat layanan data, sedangkan layanan voice dan SMS tetap berfungsi dengan normal,” terang Awal dalam keterangan resminya, Kamis (6/12/2018).

Ia mengklaim, saat ini tim Telkomsel tengah berupaya dengan maksimal untuk memulihkan gangguan ini dengan cara merecovery sistem data tersebut. Gangguan ini diharapkan akan berangsur pulih dalam waktu dua jam ke depan.

“Kami (Telkomsel) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini,” ucap Awal menandaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here