Tilang Elektronik mulai berlaku, ini keunggulannya

SOLORAYA.COM – Sistem electronic traffic law enforcement atau atau tilang elektonik atau juga yang lebih dikenal dengan E-TLE mulai berlaku terhitung sejak diluncurkan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Minggu (25/11/2018). Sistem yang terintegrasi dengan pemasangan kamera CCTV ini merupakan inovasi baru di Indonesia.

Wakapolri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto yang hadir dalam peluncuran tersebut mengatakan, hal yang melatarbelakangi diterapkannya E-TLE tak terlepas dari minimnya budaya tertib masyarakat Indonesia khususnya Jakarta saat berkendara.

Sosialisasi E TLE. (TribrataNews)

“Sekarang negara kita sudah ranking 9 kalau bicara aman. Tapi kalau bicara ketertiban, entah nomor berapa. Kalau kita contohkan tadi di Jepang itu sudah ribuan (CCTV), di negara lain jutaan. Jepang memang disiplinnya bagus sehingga meskipun banyak CCTV, yang melanggar sedikit,” ujar Wakapolri dalam peluncuran yang juga dihadiri MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi), Syafruddin  dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Baca juga  Hahahahahaha....Kumpulan foto manipulasi bareng artis ini dijamin bikin ngakak...

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Komjen Pol. (Purn) Drs. Syafruddin, M.Si., mengatakan, inovasi E-TLE dinilai penting untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dengan negara lain.

“Indonesia sekarang sudah tidak tertinggal. Bangsa kita sedang mengadapi 2 tantangan besar, pertama tantangan ekonomi industri, kedua tantangan 100 tahun Indonesia Merdeka tahun 2045. Indonesia diharapkan menjadi ‘The Big Five In The World’ di semua aspek, harus ada di nomor 5 sedunia. Oleh karena itu, inovasi yang sedang dikejar tentu adalah sebuah langkah yang tepat untuk menuju yang kita cita-citakan,” jelas Menpan-RB.

Keunggulan E-Tilang

Laman resmi Kepolisian Republik Indonesia menyebutkan, sistem tilang ini mempunyai keunggulan untuk Polri dan Masyarakat.

Baca juga  Rektor dipolisikan mahasiswa gara-gara melempar draf disertasi

Pertama, Tilang elektronik memudahkan petugas mendeteksi nomor registrasi kendaraan pelanggar lalu lintas secara otomatis.

Kedua, menggunakan teknologi kamera Pengenalan Pelat Nomor Secara Otomatis (Automatic Number Plate Recognition) akan memudahkan petugas mendeteksi nomor registrasi kendaraan pelanggar lalu-lintas. Nomor tersebut nantinya dapat menjadi barang bukti pengadilan.

Ketiga, tilang elektronik berbasis teknologi informasi dan komunikasi akan lebih efektif, efisien dan transparan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here