Mau naik bus Tayo Sukoharjo? Ini info lengkap tarif dan jam operasionalnya!!

SOLORAYA.COM – Penampakan ‘ bus tayo’ asal Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dalam sepekan terakhir ini sedang heboh dan viral-viralnya di media sosial. Itu bisa terjadi gara-gara bus tingkat tersebut mengingatkan tentang tontonan serial animasi anak-anak berjudul Tayo The Little Bus.

Sebagaimana foto yang beredar di akun Instagram Info Cegatan Solo, begitu terlihat pada bagian depan bus, gambar mata dan mulut. Mirip dengan karakter Tayo yang sering disaksikan para penontonnya di salah satu stasiun televise swasta Tanah Air.

Di kaca depan tertulis Tayo dengan akronim Taman Pakujoyo. Kehadiran bus tayo warna merah itu disukai hingga puluhan ribu masyarakat pengguna internet.

Memang terinspirasi dari film

Bus Tayo Sukoharjo. (Instagram/ICS)

Lurah Gayam, Havid Danang menyatakan, pembuatan Bus Tayo terinspirasi dari film animasi Tayo The Little Bus asal Korea Selatan.

Bus tingkat berwarna merah itu difungsikan untuk kepentingan wahana pariwisata di Taman Pakujoyo, Kelurahan Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sukoharjo. “Sebelumnya saya sudah memiliki ide membuat kereta wisata di taman Pakujoyo. Kebetulan saat ini lagi booming bus tayo. Makanya kemudian saya arahkan untuk membuat bus tayo saja,” kata Havid. Havid menggunakan istilah tayo lantaran memiliki kepanjangan Taman Pakujoyo.

Untuk memudahkan warga mengingat nama bus, lalu disingkat dengan tayo. Untuk membuat bus tayo, ia menggandeng seorang pengusaha bidang pariwisata dan perbengkelan. Hasilnya, tercipta bus tingkat dua lantai yang dimodifikasi khusus untuk wisatawan. Kapasitas bus tayo Taman Pakujoyo bisa memuat penumpang sebanyak 30 orang. Sebanyak 20 penumpang dapat menempati lantai satu dan sisanya berada di lantai dua. “Busnya dibuat agar wisatawan dapat menikmati pemandangan Taman Pakujoyo. Untuk itu bagian atas bus dibuat terbuka,” ujar Havid sebagaimana dilansir Kompas.

Baca juga  Astaghfirullah, Anak-anak TK Didandani ala ISIS saat HUT RI ke-73 di Probolinggo. Berikut Video nya

“Busnya karena modifikasi maka dibuatkan trek khusus yang tidak bersinggungan dengan kendaraan lain. Kami sudah mengundang seluruh ketua RT untuk disepakati bersama jalan yang dilalui bus tayo tersebut. Kesepakatan itu dibuat agar saat lewat busnya tidak bersinggungan dengan kendaraan lain,” tutur Havid.

Tarif karcis

Sedangkan soal keamanan dan keselamatan penumpang, bus sudah melakukan uji lapangan. Dengan uang Rp 5.000, kata Havid, warga akan disuguhi keindahan pemandangan taman pakujaya dan telaga sepanjang satu kilometer. Bahkan kedepan di area itu akan dibangun waterpark dan kolam wisata air.

“Jadinya bus ini sebagai salah satu untuk melengkapi wahana. Sekali naik penumpang hanya membayar Rp 5. 000,” kata Havid. Baca juga: 4 Tempat Angker yang Dilewati Bus Wisata Bandros ” Wisatawan juga disuguhi areal persawahan yang hijau dan lapangan. Pokoknya penumpang akan senang karena pemandangan yang didapatkan berbeda bila naik mobil biasa,” kata Havid.

Jam operasional

Sensasi naik bus tayo paling terasa bila berada di dek lantai dua. Dari ketinggian bus sekitar tiga meter, penumpang langsung disuguhi keindahan panorama Taman Pakujoyo. Bila tertarik menumpang bus wisata Tayo, warga bisa datang langsung ke lokasi Taman Pakujoyo Sukoharjo. Bus itu beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 19.00.

Baca juga  Kunci gitar dan lirik lagu "Hai Tayo" bahasa Indonesia dan Korea

Belakangan ini, nama Tayo sedang sering sekali dibicarakan baik di dunia nyata maupun di jejaring sosial media. Tayo sendiri merupakan karakter bus yang bisa berbicara dalam film animasi yang punya judul sama, Tayo. Baru-baru ini, ternyata ada Tayo sungguhan di Sukoharjo. Penasaran seperti apa?
.
Dari akun instagram Info Cegatan Sukoharjo membagikan sebuah foto bus wisata terbuka dengan kelir merah. Uniknya, pada bagian depan bus, terdapat gambar mata dan mulut, yang membuat bus ini terlihat mirip seperti karakter Tayo. .
Di kaca bus bagian depan juga tertulis ‘TAYO’ yang merupakan akronim dari Taman Pakujoyo. Jadi, bus ini nantinya akan menjadi bus yang mengantarkan wisatawan berkeliling di seputaran Taman Pakujoyo. Hadirnya bus yang unik ini, mendapat respons yang positif dari netizen, lho.. Meskipun ada beberapa yang mempertanyakan mengapa sosok Tayo di Sukoharjo berwarna merah.

Tentang film Tayo

Tayo the Little Bus adalah serial animasi Korea Selatan yang diproduksi oleh Iconix Entertainment dan Educational Broadcasting System. Serial ini tersedia dalam bahasa Korea, Inggris, Rusia, Turki, dan Spanyol yang dapat disaksikan di YouTube.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here