Survei Alvara: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin 53,6%, Prabowo-Sandiaga 35,2%

https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 26 605 1941575 survei-alvara-elektabilitas-jokowi-ma-ruf-amin-53-6-prabowo-sandiaga-35-2-FOihiKktso.jpg
JAKARTA – Alvara Research Center merilis hasil survei nasional tentang tiga kunci kemenangan Pemilihan Presiden 2019. Dalam survei tersebut diketahui elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih unggul dibandingkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali mengatakan bahwa tingkat kepercayaan Jokowi-Ma’ruf dari survei itu diketahui mencapai 53,6%, jauh meninggalkan Prabowo-Sandiaga yang hanya meraih 35,2%. Sedangkan pemilih yang belum memutuskan pilihan (undecided) sebesar 11,2%.

“Posisi cawapres di kedua pasang kandidat ternyata tidak cukup signifikan untuk merubah pilihan pemilih. Publik masih melihat kekuatan figur masing-masing kandidat capres sebagai faktor penting dalam menentukan pilihannya,” ujar Hasanuddin dalam konferensi pers rilis survei di Hotel Oria, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018).
Dari segmentasi pemilih di partai politik, Alvara menemukan fakta bahwa pemilih PDIP dan Partai Nasdem lebih banyak yang mau merekomendasikan Jokowi-Ma’ruf ke orang lain. “Sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga banyak direkomendasikan pemilih Partai Gerindra dan PAN,” ujar Hasanuddin.
Survei nasional Alvara Research Center dilakukan pada 12-18 Agustus 2018. Riset ini menggunakan metode multi-stage random sampling dengan melibatkan 1.500 responden berusia 17 tahun ke atas.
Sampel diambil di seluruh provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Margin of error dalam survei ini sebesar 2,53% dengan tingkat kepercayaan 95%.
Sumber : news.okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here