Spanduk NII dan HTI & #2019GantiPresiden Bertebaran di Banten

SOLORAYA.COM – Berbagai spanduk dukungan atas rencana deklarasi #2019GantiPresiden di Kota Serang, Banten bertebaran di sudut-sudut kota. Namun dalam spanduk dukungan itu tertera nama organisasi yang telah dilarang di wilayah Indonesia, yakni Negara Islam Indonesia (NII) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Spanduk itu terlihat dipasang di beberapa titik, yaitu di Jalan Ayip Usman depan Kompleks Bumi Agung, Simpang Tiga Kebaharan, Jalan Raya Ki Demang, Jalan Raya Banten tepatnya di depan Perumahan Kenari dan Residen, serta di kawasan Tasikardi depan terminal Banten.

Seperti dilaporkan okezone.com, warga yang resah dengan adanya penyebutan organisasi NII dan HTI pada spanduk tersebut, lantas melaporkan hal itu kepada pihak kepolisian dan Satpol PP Kota Serang. Sejumlah petugas langsung bergerak cepat, spanduk-spanduk dukungan pada 6 titik lokasi langsung dicopot.

Baca juga  Faktor Amunisi Bikin Prabowo Terpaksa Gaet Sandiaga
Spanduk NII dan HTI dukung #2019GantiPresiden (Foto: okezone.com/Hambali)

Saat dikonfirmasi, Kasatpol PP Kota Serang, Maman Luthfi, menjelaskan, pihaknya sudah mencopot pemasangan spanduk yang mengatasnamakan NII, HTI dan Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) di Kota Serang. Dikatakan dia, informasi tentang spanduk dukungan deklarasi itu baru diketahuinya setelah masyarakat melapor pada Kamis (9/8/2018).

“Sudah kita copot tadi pagi, disitu memang tertera NII, HTI dan satu lagi itu JAT. Semuanya ada di 6 lokasi,” jelasnya saat dihubungi Okezone.

Ditambahkan Maman, pihaknya hanya berwenang mencopot pemasangan spanduk yang tak memiliki izin dan melanggar aturan Peraturan Daerah (Perda). Sedangkan untuk penyelidikan mengenai siapa oknum yang memasang dan isi kontennya, dilanjutkan dia, itu merupakan ranah kepolisian.

“Tugas kita sudah kita jalani, jadi sudah kita copot semua yang terpasang,” imbuhnya.

Baca juga  Gerakan 2019 Ganti Presiden Ditolak di Sejumlah Daerah, Ini Tanggapan Mardani
Spanduk NII dan HTI

Sementara itu, Kapolres Kota Serang, AKBP Komarudin, mengimbau agar masyarakat tak terprovokasi dan saling tuding dengan adanya spanduk-spanduk tersebut. Dia meminta masyarakat tetap tenang dan tidak mengambil tindakan yang tak bertanggung jawab.

“Saya minta warga jangan terpancing, laporkan saja ke kita jika menemukan spanduk serupa biar nanti kita tertibkan,” ucapnya dikonfirmasi terpisah.

Dalam spanduk, tertuliskan “NII Mendukung #2019GantiPresiden Mewujudkan Negara Islam Indonesia”, lalu ada pula yang bertuliskan “Jamaah Anshorut Tauhid Mendukung Deklarasi #2019GantiPresiden Mewujudkan Negara Tauhid”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here