Kemunculan penyu zombie kagetkan warga Inggris

SOLORAYA.COM – Penyu yang ada di pantai biasanya memiliki bentuk normal sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, baru-baru ini warga Inggris kaget karena menemukan penyu zombie.

Disebut dengan penyu zombie karena bentuk wajah dari penyu besar ini sangat menakutkan. Richard Pears dan James Mustoe sedang berjalan di tepi pantai bersama anak-anak James.

Penyu Zombie  (James Mustoe)
Penyu Zombie (James Mustoe)

Mereka berencana mengamati satwa liar di pantai Polkerris di Cornwall, Inggris. Beberapa saat kemudian mereka mulai mengamati ada makhluk aneh yang bersembunyi di perairan.

”Kami melihat makhluk ini mengambang di air dari jarak jauh dan kami tidak tahu makhluk apa ini,” kata Mustoe ketika diwawancarai.

Dikutip dari IFLScience, setelah semakin dekat dengan makhluk misterius tersebut, mereka menemukan bahwa itu adalah seekor penyu yang membusuk.

Baca juga  Cerita Ratna Sarumpaet Dilarang Diskusi Bareng Rocky Gerung

Mereka yang melihat langsung kaget dan merasa kasihan.

Dilihat dari ukurannya, penyu ini sangat langka karena berukuran seperti perahu boat mini.

Menurut peneliti, penyu dengan ukuran sebesar itu termasuk penyu yang sudah hidup dalam waktu yang lama. Diperkirakan, penyu itu berumur kurang lebih 100 tahun ketika mati.

Warga Inggris menemukan penyu zombie

Penyu yang diklasifikasikan sebagai penyu belimbing ini cenderung bersarang di pantai berpasir di dekat samudra tropis dan subtropis.

Warga Inggris menemukan penyu zombie. (James Mustoe)

Penyu belimbing mempunyai kemampuan menjangkau wilayah yang sangat luas. Mereka dapat ditemukan di Atlantik, Pasifik Timur, dan Pasifik Barat.

Dengan demikian, menemukan spesimen seperti ini di pantai selatan Inggris merupakan peristiwa yang sangat jarang sekali terjadi.

Three Bays Wildlife Group, organisasi yang meneliti penyu zombie ini mengatakan bahwa penyu ini mungkin mati ketika dalam perjalanan.

Baca juga  Jokowi Bakal Percepat Penyelesaian Kasus HAM Masa Lalu

”Mereka melakukan perjalanan di sisi timur Atlantik melewati Inggris,” kata seorang peneliti dalam sebuah pernyataan.

Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) terdaftar sebagai spesies “Rentan” pada Daftar Merah IUCN. Populasi global terdiri dari tujuh sub-populasi yang tersebar di seluruh dunia.

Banyak ancaman yang membuat mereka bisa mati dalam perjalanan termasuk polusi, pembangunan di pesisir, nelayan ilegal, dan perubahan iklim.

Penyu belimbing yang menyerupai penyu zombie ini, seperti ditulis hitekno.com, mungkin merupakan korban dari deretan ancaman berbahaya di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here