The Heritage Palace: Satu lagi arena selfie unggulan

The Heritage Palace sejatinya adalah seperti halnya De Tjolomadoe. Dia adalah bangunan tua peninggalan pada zaman Belanda. Dibangun pada 1892. Dengan keunikan dan kandungan nilai seninya yang tinggi, dia memang patut dilestarikan dan dipamerkan kepada masyarakat luas.

Itulah yang menjadikan pengelola, berniat menjadikan bangunan bekas pabrik gula ini menjadi destinasi wisata sehingga dapat memberikan sarana alternatif bagi masyaraka luas.

Tujuan lain revitalisasi The Heritage Palace adalah untuk melestarikan dan merawat bangunan tua ini sebagai warisan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

The Heritage Palace adalah bangunan tua peninggalan zaman Kolonial Belanda seluas sekitar 2,2 hektare. Berdiri pada 1892, bangunan itu dilengkapi cerobong asap setinggi lebih dari 25 meter yang menjadi keunikan dan memiliki nilai histori yang tinggi. Kompleks bangunan bekas eks PG Gembongan itulah yang kemudian disulap menjadi lokasi destinasi wisata heritage baru di Soloraya.

Dimulai dengan soft opening pada Sabtu (9/6/2018), The Heritage Palace bakal menjadi referensi objek wisata bagi masyarakat di wilayah Soloraya.

Ada sembilan wahana wisata yang ditawarkan kepada masyarakat. “Baru tiga wahana yang siap yakni museum tiga dimensi (3D), museum angkot dan garden sebelum Lebaran 2018. Kami juga membangun jembatan di atas pintu gerbang masuk sebagai spot swafoto para pengunjung,” kata seorang pengelola The Heritage Palace, Franky Hardy Soetjipto, saat berbincang dengan Solopos.com, pada awal Juni 2018.

Terdapat sembilan bangunan di kompleks bangunan eks PG Gembongan. Rencananya, setiap bangunan disulap menjadi lokasi wahana wisata. Lokasi museum 3D berada di bangunan paling depan. Seluruh sudut ruang dihiasi dengan 50 foto atau gambar tiga dimensi yang disajikan dengan sentuhan seni modern yang seperti gambar nyata.

Baca juga  Ini dia daftar nama tempat asyik di Klaten versi "Wisata Lengkap"

Para pengunjung bisa berekspresi bebas di setiap stan dengan latar belakang gambar pemandangan alam, bangunan sejarah, tokoh kartun hingga otomotif. “Koleksi gambar selalu ditambah dan diperbaharui secara berkala agar pengunjung tak bosan. Di Solo, belum ada wahana serupa,” ujar dia.

Sementara museum angkot terletak di bangunan belakang museum 3D. Belasan hingga puluhan mobil kuno bakal dipamerkan di lokasi itu. Deretan mobil kuno dipajang dengan latar belakang gambar 3D. Para pengunjung bisa menyewa kostum yang disesuaikan dengan mobil kuno dan gambar 3D. Sehingga pengunjung serasa hidup di zaman dahulu.

Museum angkot ini diproyeksikan menjadi ikon The Heritage Place. “Museum angkot ini berbeda dengan museum angkot di daerah lain. Mobil-mobil kuno tak sekadar ditata rapi melainkan ditambah background gambar 3D sehingga pengunjung benar-benar bisa mengekspresikan diri dengan berswafoto,” papar dia.

Baca juga  16 Tempat kulineran di seputaran Kartasura Sukoharjo

Wahana lainnya di The Heritage Place seperti Kids Town, Omah Kwalik, Garden Retro Paradise bakal direalisasikan pada 2019. Pengelola tengah membersihkan bangunan di sisi barat pabrik yang dahulu digunakan sebagai mess karyawan.

The Heritage Place juga bakal dilengkapi convention hall yang mampu menampung sekitar 3.000 tamu undangan. “Kami ingin melestarikan dan merawat bangunan bersejarah yang cukup lama mangkrak. Kondisi bangunan masih kuat dan sangat eksotis pada sore hari. Terlebih, warga Solo dan sekitarnya haus akan wahana wisata keluarga,” timpal seorang pengelola The Heritage Place lainnya, Vero.

Pada soft opening, para pengunjung harus merogoh kocek untuk membayar tiket museum transportasi senilai Rp40.000 per orang, museum 3D senilai Rp25.000 per orang atau tiket terusan Rp55.000 per orang.

Sementara target rata-rata pengunjung setiap hari sebanyak 3.000 orang. “Jam operasional mulai pukul 09.00 WIB-17.00 WIB setiap hari kecuali weekend. Kami bakal memantau terlebih dahulu animo para pengunjung. Tak menutup kemungkinan, jam operasional ditambah hingga malam hari,” kata dia. (Sumber wisataheritagesolo.com dan soloraya.solopos.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here