9 List Tempat Wisata di Jember yang Wajib Kamu Tulis di Note Liburan

Tempat Wisata di Jember – Secara geografis kabupaten yang terletak di sebelah timur Jawa Timur ini, Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Oleh sebab itu, tak heran jika disini destinasi wisatanya didominasi pantai. Tak hanya pantai, destinasi wisata lain di Jember juga terkenal memiliki keindahan, bahkan kabupaten ini dianggap menyimpan banyak potongan surga kecil.

Berlibur ke Jember, dijamin kamu akan dibuat bingung mau pilih lokasi mana saja untuk menghabiskan waktu liburanmu. Nah berikut 9 list tempat wisata di jember yang wajib kamu tulis di note liburan :

  1. Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)
tempat wisata di jember
Source: tempatwisatasekitar.blogspot.com

List pertama, ialah Pantai Pasir Putih Malikan atau Pantai Papuma. Berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Dari pusat kota, kamu harus menempuh jarak sekitar 45 Km saja. Pantai ini sudah terkenal dikalangan wisatawan, bahkan tak lengkap berlibur ke Jember kalau tak singgah disini.

Daya tarik dari Papuma ialah pasirnya yang putih dan bersih, air laut yang jernih, dan batuan karang besar yang berdiri kokoh di sekitar pantai. Berlibur ke pantai eksotis ini, selain bermain pasir, juga bisa menikmati pemandangan pantai Jember yang khas.

Jika kamu ingin bermalam di Papuma, tak perlu susah mencari tempat penginapan. Karena disekeliling pantai sudah banyak berdiri guest house dengan harga yang terjangkau. Untuk tiket masuknya, Pantai Pasir Putih Malikan mematok sekitar Rp. 5.000/orang.

  1. Pantai Payangan
tempat wisata di jember
Source: brobali.com

Pantai Payangan merupakan tempat wisata alam di jember yang sangat instagramable, lokasinya berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Pantai satu ini terkenal memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis, disini kamu bisa melihat sunrise atau sunset yang begitu menawan.

Ombak Pantai Payangan terbilang cukup besar, sehingga kamu tidak disarankan untuk berenang. Berjarak sekitar 200 meter dari area parkir, kamu bisa menemukan satu spot yang selalu ramai wisatawan, yaitu bukit Teluk Cinta. Berada diatas bukit ini, kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan Payangan dari atas. Sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan.

Tiket masuk Pantai Payangan, hanya sekitar Rp. 5.000/orang. Sedangkan untuk karcis parkirnya sekitar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda 2, dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda 4 atau bis.

  1. Pantai Watu Ulo
tempat wisata di jember
Source: jejakpiknik.com

Tempat wisata di jember berikutnya, adalah Pantai Watu Ulo. Lokasinya tak jauh dari Pantai Payangan, tepatnya di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Bernama Watu Ulo, karena terdapat susunan batu memanjang yang menjorok ke pantai, dan berbentuk menyerupai tubuh ular.

Baca juga  Pantai Lagundri dan Sorake, surga surfing Indonesia

Pemandangan eksotis Watu Ulo bisa kamu nikmati dari atas bukit, bahkan kamu bisa melihat Papuma, disebabkan lokasinya tak jauh dari pantai tersebut. Selain itu pantai ini juga dijadikan tempat acara tahunan Pekan Raya, yang diadakan setiap tanggal 1-10 syawal. Jika berencana ke Pantai Watu Ulo, kamu harus menyiapakan uang sekitar Rp. 5.000 saja untuk biaya parkir. Disini kamu juga bisa membeli oleh-oleh aksesoris dari batu karang.

  1. Pantai Puger
tempat wisata di jember
Source: ksmtour.com

Hobi memancing ? Nah destinasi satu ini cocok buat kamu yang hobi memancing, yaitu Pantai Puger. Tempat wisata ini sangat favorit dikalangan wisatawan, apalagi saat musim liburan tiba. Selain itu disini terdapat tempat pelelangan ikan, dijamin harganya murah sekali.

Pantai Puger berlokasi di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Pantai ini memiliki ombak yang tinggi, jadi kamu dilarang untuk berenang disini. Kamu bisa duduk-duduk santai menikmati panorama alam yang sangat indah.

Pantai Puger dibuka setiap hari, mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore saja. Tiket masuknya berkisar Rp. 10.000 saja. Dari alun-alun Jember, ambil jalan ke kanan, dan setelah jembatan ambil jalan ke kiri.

  1. Pulau Nusa Barong
tempat wisata di jember
Source:backpackerjakarta.com

Selain pantai, Jember juga memiliki destiasi wisata yang menarik, yaitu Pulau Nusa Barong. Secara administrasi tempat ini berada di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Dari pusat kota berjarak sekitar 40 Km kearah selatan.

Memiliki luas sekitar 6.100 hektar, pulau ini merupakan cagar budaya yang dikendalikan oleh pemerintah pusat. Disini terdapat 3 formasi hutan hujan tropis, seperti hutan bakau, pantai, dan hutan dataran rendah. Selain itu di Nusa Barong juga menjadi habitat flora fauna, mulai pandan laut, ketapang,lutung, rusa jawa,babi hutan, dan lainnya.

Untuk menjamah Pulau Nusa Barong, kamu bisa lewat Pantai Getem, dan Pantai Puger. Disana terdapat kapal yang bisa kamu sewa, biayanya sekitar Rp. 1.500.000/8 orang.

  1. Taman Edukasi Botani
tempat wisata di jember
Source: joechandra.com

Taman Edukasi Botani merupakan salah satu tempat wisata alam di jember yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Taman ini diresmikan pada tahun 2007. Destinasi ini memiliki beragam tumbuhan dari seluruh Nusantara.

Lokasinya berada di Jalan Mujahir, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Taman Edukasi Botani memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti gazebo, kolam renang, tempat makan, dan lapangan futsal mini. Untuk tiket masuknya berkisar Rp. 7.000/orang. Taman ini dibuka setiap hari, mulai pukul 7 pagi sampai 4 sore.

  1. Perkebunan Teh Gunung Gambir
tempat wisata di jember
Source: jalanwisata.id

Tak hanya Bogor, Jember juga memiliki perkebunan teh yang sangat sejuk. Berada di ketinggian sekitar 600 – 1.000 mdpl, tepatnya di Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember. Untuk akses jalannya masih cukup susah, karena tidak ada penunjuk jalan menuju lokasi, kamu bisa tanya ke warga sekitar.

Baca juga  The Heritage Palace: Satu lagi arena selfie unggulan

Sama dengan perkebuna teh lainnya, disini udara sejuk serta pemandangan hijau teh bisa kamu nikmati. Berlibur kesini cocok buat kamu yang setres karena pekerjaan yang berat. Tenang saja untuk masalah penginapan, Perkebunan Teh Gunung Gambir sudah memiliki banyak villa yang bisa kamu pilih. Disini juga terdapat fasilitas lain, seperti kolam renang, jogging trek, dan lapangan tenis.

Perkebunan Teh Gunung Gambir dibuka setiap hari, mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore. Untuk tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 saja.

  1. Air Terjun Mumbulsari
tempat wisata di jember
Source:lintasjemberblog.wordpress.com

Berada di sebelah tenggara Kota Jember, tepatnya di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember. Air Terjun Mumbulsari atau Air Terjun Mandigu merupakan tempat wisata alam di jember yang menjadi favorit para wisatawan. Untuk bisa menjamah tempat ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota.

Air Terjun Mumbulsari memiliki panjang aliran sekitar 30 meter, dan kondisi air yang sangat jernih. Mumbulsari sering menjadi spot hunting foto, karena panorama alam disini sangat indah, cocok dijadikan background foto. Jika kamu ingin mencapai puncak air terjun, kamu bisa melewati jalanan kecil disebelah air terjun. Tetap hati-hati ya guys, karena kondisi jalanannya sangat licin.

  1. Air Terjun Suko
tempat wisata di jember
Source: tempatwisatajember.blogspot.com

Berada di Lereng Argopuro, atau tepatnya di Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Suko memiliki debit air yang deras, radiusnya mencapai 200 meter. Bahkan saat musim kemarau, air terjun disini tidak mengalami kekeringan.

Air Terjun Suko memiliki panorama alam yang sangat indah, selama perjalanan menuju lokasipun, kamu akan ditemani pemandangan perkebunan kopi yang menarik. Akses jalannya juga sudah sangat baik, namun kamu harus tetap berhati-hati.

Untuk tiket masuk, tempat wisata di jember tidak mematok harga khusus, alias sukarela saja. Sedangkan untuk karcis parkir, kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp. 2.000 saja.

Gimana sudah berencana buat liburan ke Jember ? Itulah 9 list tempat wisata di jember yang wajib kamu tulis di note liburan. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here