8 Pilihan Tempat Wisata murah di Jabodetabek yang Harus di Kunjungi

Wisata murah di jabodetabek – Jabodetabek merupakan kawasan metropolitan, yang meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Banyak masyarakat yang mengira bahwa kawasan ini hanya memiliki bangunan-bangunan besar saja, tak terdapat destinasi wisata disini.

Nah jika kamu berfikiran seperti itu, kamu harus segera menjamah kawasan ini. Biar kamu tahu kalau sebenarnya banyak destinasi wisata di Jabodetabek, terutama wisata alam.

Berikut beberapa pilihan wisata murah di jabodetabek yang siap memanjakan liburanmu :

  1. Angke Kapuk
Tempat Wisata murah di jabodetabek
Source : 1001malam.com

Angke Kapuk merupakan salah satu destinasi wisata alam di jabodetabek, tepatnya di Jalan Garden House, Penjaringan, Jakarta Utara. Tempat ini selalu menjadi pilihan warga Jakarta yang ingin bersantai di akhir pekan. Disini kamu bisa duduk santai, sambil menikmati pemandangan sekitar.

Angke Kapuk menyuguhkan pemandangan pantai eksotis, yang lengkap dengan hutan bakaunya. Nah jika kamu berencana kesini, kamu bisa berkeliling dengan perahu, dengan biaya sewa sekitar Rp. 250.000/perjalanan. Untuk tiket masuknya berkisar antara Rp. 25.000/orang. Di Angke Kapuk, terdapat penginapan rumah tenda, yang bisa kamu sewa untuk menikmati malam disisni. Harga sewanya berkisar Rp. 450.000 – Rp. 600.000/malam.

  1. Monumen Nasional
Tempat Wisata murah di jabodetabek
Source: hisour.com

Nah wisata murah di jabodetabek berikutnya, ialah Monumen Nasional atau Monas. Bangunan tugu ini memiliki tinggi sekitar 32 meter, dan menjadi simbol kemerdekaan Bangsa Indonesia. Lokasinya berada di Gambir, Jakarta Pusat.

Monumen Nasional ini dibuka setiap hari, kecuali hari senin akhir bulan. Jam operasionalnya mulai 8 pagi sampai 3 sore. Tiket masuk ke tempat wisata ini terbilang murah, sekitar Rp. 5.000 (dewasa), Rp. 3.000 (mahasiswa), dan Rp. 2.000 (anak-anak).

Tak hanya melihat bangunan tugu  saja, berwisata kesini kamu bisa menikmati pemandangan sekitar, dan belajar sejarah perjuangan pahlawan. Kamu bisa mencapai puncak Monas menggunakan lift, dengan biaya sekitar Rp. 10.000 (dewasa), dan Rp. 5.000 (anak-anak dan mahasiswa).

  1. Kebun Raya Bogor
Tempat Wisata murah di jabodetabek
Source: swiss-bellhotel.com

Beralih menuju Bogor, ada satu tempat wisata yang murah meriah, yaitu Kebun Raya Bogor. Kebun ini memiliki luas lahan sekitar 87 hektare, dan terdapat sekitar 15.000 spesies pohon. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan sebagai pusat penelitian mahasiswa.

Baca juga  Sebelum Grojokan Sewu, mampirlah ke Kemuning

Kebun Raya Bogor berlokasi di Jalan Ir. Haji Djuanda, Paledang, Bogor. Selain sebagai tempat edukasi, kebun ini cocok dijadikan untuk berwisata bersama keluarga di akhir pekan. Wisata keluarga di jakarta ini termasuk wisata murah, tiket masuknya berkisar antara Rp. 15.000 – Rp. 25.000 per orang. Dibuka setiap hari, mulai pukul 07.30 sampai 21.00 WIB.

  1. Ocean Ecopark
Tempat Wisata murah di jabodetabek
Source: tripadvisor.com.hk

Pilihan tempat wisata murah di jabodetabek selanjutnya, merupakan sebuah tempat yang berkonsep back to nature. Berlokasi di kawasan Ancol, tepatnya di Jalan Lodan Timur, Ancol, Pademangan, Jakarta. Ocean Park menyuguhkan wisata air yang sangat seru. Terdapat 4 wahana air yang siap memanjakanmu, seperti Eco Care, Eco Art, Eco Energy, dan Eco Nature.

Untuk harga tiket masuknya, Ocean Park mematok sekitar Rp. 25.000/orang. Tak hanya bermain air saja, disini anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan alam, seperti bercocok tanam. Selain itu kamu bisa membeli oleh-oleh untuk saudara di rumah.

  1. Kepulauan Seribu
wisata murah di jabodetabek
Source: ancol-pulauseribu.com

Nah pilihan tempat wisata satu ini tak boleh kamu lewatkan, yaitu Kepulauan Seribu. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini terdiri dari beberapa pulau yang indah-indah. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Tidung, Bidadari, Pari, Harapan, dan pulau lain-lain.

Untuk menuju pulau di Kepulauan Seribu, kamu harus menyeberang dari Muara Angke. Kamu bisa membeli tiket di jam operasional sekitar pukul 06.30 – 07.30 WIB. Sedangkan untuk jam menyeberangnya, sekitar pukul 08.00 WIB.

Pulau-pulau di Kepulauan Seribu memiliki pemandangan laut yang sangat indah, dan eksotis. Disini juga terdapat banyak penginapan yang bisa kamu sewa untuk bermalam., serta beberapa fasilitas yang lengkap.

  1. Kota Tua
wisata murah di jabodetabek
Source: thejakartapost.com

Suka dengan gaya vintage ? Nah tempat liburan murah ini wajib kamu kunjungi, yaitu Kota Tua. Berdiri diatas lahan seluas 1,3 hektare, Kota Tua memiliki konsep wisata klasik. Disini banyak berdiri bangunan-bangunan tua, yang sudah berdiri sejak jaman Belanda.

Baca juga  Resto dengan pelayanan santun, ramah, tanpa kepura-puraan

Berwisata ke Kota Tua, kamu bisa berkeliling dengan sepeda ontel. Biaya sewanya juga sangat murah, sekitar Rp.  2.000 – Rp. 5.000/sepeda. Ketika malam mulai datang, banyak pedagang yang membuka tikar untuk berjualan disini. Mulai jualan makanan, hingga souvenir dengan harga yang sangat merakyat. Bahkan kamu bisa menawar dengan pedagangnya. Selain itu juga terdapat cafe yang bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong.

  1. Planetarium
wisata murah di jabodetabek
Source: tourismwave.com

Punya cita-cita menjadi astronot ? Tempat wisata satu ini bisa membuat cita-citamu terwujud. Planetarium berlokasi di kawasan Taman Ismail Marzuki, tepatnya di Jalan Cikini Raya No. 37, Menteng, Jakarta.

Memiliki bentuk bangunan menyerupai kubah, Planetarium menyuguhkan pemandangan luar angkasa yang lengkap dengan benda-bendanya. Disini kamu dan rombongan, bisa berwisata sekalian menambah edukasi tentang dunia tata surya. Planetarium dibuka setiap hari selasa sampai minggu, mulai pukul 10.00 sampai 16.30 WIB.

  1. Museum Fatahillah
wisata murah di jabodetabek
Source: info.co.id

Pilihan terakhir tempat wisata murah di jabodetabek, ialah Museum Fatahillah. Berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No. 1 Kota Tua, Jakarta. Berdiri diatas lahan seluas 1.300 meter persegi, museum ini banyak menyimpan benda-benda kuno. Pada awalnya museum ini merupakan markas VOC di jaman Belanda.

Museum Fatahillah dibuka setiap hari, mulai pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Untuk tiket masuknya dipatok sekitar Rp. 5.000 (dewasa), Rp. 3.000 (mahasiswa), dan Rp. 2.000 (anak-anak).

Nah gimana masih mau menganggap Jabodetabek tidak punya tempat wisata ? Ayo segera rencanakan liburanmu di Kota Metropolitan ini. Selamat berlibur, semoga liburanmu menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here