5 Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosalam yang Harus Kamu Jajah Segera

Tempat Wisata di Wonosalam – Merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jombang, lokasinya berada di bawah lereng Gunung Anjasmoro dengan ketinggian sekitar 600 mdpl. Kecamatan ini terkenal sebagai penghasil perkebunan terbesar di Jawa Timur, oleh sebab itu mayoritas penduduk sini adalah petani.

Tak hanya terkenal penghasil durian terbesar, Kecamatan Wonosalam juga memiliki banyak tempat wisata yang wajib kamu singgahi. Berikut 5 tempat wisata di wonosalam yang harus kamu jajah segera :

  1. Klenteng Hon San Kiong
Tempat Wisata di Wonosalam
Source: atobasahona.com

Tempat wisata di wonosalam yang wajib kamu jajah pertama, ialah Klenteng Hon San Kiong. Lokasinya berada di Jalan Raya Gudo No.30, Desa Gudo, Kecamatan Wonosalam, Jombang.Selain sebagai tempat beribadah umat konghuchu, klenteng ini juga dijadikan sebagai tempat pengobatan alternatif. Hon San Kiong sudah berdiri sejak 300 tahun silam.

  1. Air Terjun Tretes
Tempat Wisata di Wonosalam
Source: nasirullahsitam.com

Air Terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur,yang memiliki ketinggian air sekitar 158 meter, dan berada di 1.250 mdpl. Destinasi ini berlokasi di Dusun Pengajaran, Desa Galengdewo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Suasana alam yang menyegarkan, serta pemandangan yang eksotis menjadi ciri khas air terjun ini. Selain itu curah hujan disekitarnya cukup tinggi, sehingga alirannya sangat deras. Fasilitas Air Terjun Tretes sudah lumayan lengkap, mulai tempat parkir yang luas, rest area, sampai warung makanan yang siap menjamu kamu.

  1. Goa Sigolo-golo
Baca juga  Transformer Park: Yuk selfie berlatar mobil rosok aduhai
Tempat Wisata di Wonosalam
Source: kabarejombang.blogspot.com

Berwisata ke Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Kamu akan menemukan satu tempat yang sangat eksotis, yaitu Goa Sigolo-golo. Berada di Lereng Gunung Welirang, akses jalan menuju lokasi cukup mudah. Namun untuk sampai ke goa, kamu harus berhati-hati karena jalannya terjal dan sedikit licin.

Mulanya Goa Sigolo-golo merupakan tempat meditasi seseorang dari Kerajaan Majapahit. Oleh karena itu banyak warga sekitar yang percaya kalau goa ini sangat sakral. Bahkan jika berani melakukan meditasi di tempat tersebut, maka kesaktian akan diperoleh.

Meskipun akses jalan goa yang cukup berbahaya, namun keindahan goa tak boleh terlewatkan. Sesampainya disana rasa lelah mu akan dibayar dengan keeksotisan pemandangannya.

  1. Goa Sriti
Tempat Wisata di Wonosalam
Source: pojokpitu.com

Selain Goa Sigolo-golo, Goa Sriti juga wajib kamu kunjungi. Tempat wisata di wonosalam ini berlokasi di Dusun Sidolegi, Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Pemandangan alam di sekitar Sriti sangat eksotis, ditambah pemandangan didalamnya. Bentuk stalaktit dan stalagmit membuat Goa Sriti semakin menakjubkan.

Baca juga  Sate domba afrika, alternatif lain untuk berbuka puasa

Untuk bisa sampai di Goa Sriti, kamu membutuhkan tenaga yang ekstra. Namun kelelahan kamu akan dibayar dengan eksotisnya panorama goa. Dari area parkir, butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan.

  1. Makam Gunung Kuncung
Tempat Wisata di Wonosalam
Source: faktualnews.com

Gunung Kuncung sebenarnya bukanlah wisata gunung, tetapi karena berada di dataran tinggi pegunungan sehingga objek ini diberi nama gunung. Berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Gunung Kuncung merupakan tempat wisata religi yang ada di Jombang, disini terdapat sebuah makam pendekar ilmu tinggi. Makam ini dipercaya warga setempat, sebagai makam yang sakral. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk sekedar ziarah, tetapi ada juga yang ingin mencari pesugihan, dan ilmu ghaib.

 

Itulah 5 tempat wisata di wonosalam yang harus kamu jajah segera. Rencanakan liburan bersama keluarga di akhir pekan ini, dan masukkan destinasi diatas di list liburanmu. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here