Soto, santapan harian terpopuler…

Namanya sangat bersagam. Ada yang menyebut soto, sroto, sauto, tauto, atau coto. Ya, ini adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.
Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging kerbau atau kambing.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto pemalang , soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar.

Soto juga diberi nama sesuai isinya, misalnya soto ayam, soto babat, dan soto kambing. Ada pula soto yang dibuat dari daging kaki sapi yang disebut dengan Soto Sekengkel.
Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah.

Baca juga  Jalan-jalan ke Wonogiri? Ini daftar kulineran di sana...

Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, dan koya.

Nah bagaimana ragam sajian soto itu kalau di kota Solo? Simak beberapa contoh sajian makanan yang paling populer untuk disantap ramai-ramai bersama keluarga ini.

https://www.instagram.com/p/Bhpka12liYL/?tagged=sotosolo

https://www.instagram.com/p/BfYAcvch3DJ/?tagged=sotosolo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here